KORELASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI BLOK ENDOCRINE, METABOLISM AND NUTRITION (EMN) DI FAKULTAS KEFOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG

GABRIELLA BERTA RISMA , 121811055 (2016) KORELASI KECEMASAN MENGHADAPI UJIAN DENGAN HASIL BELAJAR PADA MAHASISWA YANG MENGIKUTI BLOK ENDOCRINE, METABOLISM AND NUTRITION (EMN) DI FAKULTAS KEFOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. FAKULTAS KEDOKTERAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSETUJUAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PENGESAHAN.pdf

Download (4Mb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (608Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (31Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (69Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (366Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (134Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (204Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (55Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Kecemasan adalah suatu penyerta normal dari pertumbuhan, dari perubahan, dari pengalaman sesuatu yang baru dan belum dicoba, dan dari penemuan identitasnya sendiri dan arti hidup. Mahasiswa kedokteran tidak luput dari kecemasan. Hampir 80% mahasiswa kedokteran di dunia mengalami kecemasan. Salah satu yang menimbulkan kecemasan adalah ujian. Kecemasan dalam menghadapi ujian dapat berakibat buruk pada hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian analitik-deskriptif dengan pendekatan potong lintang. Penelitian ini menggunakan data primer dan sekunder dengan jumlah populasi 233. Penelitian dilakukan di Fakultas Kedokteran Universitas Lampung menggunakan teknik pengambilan data sampel acak sederhana dengan sampel sebanyak 162. Penelitian ini menggunakan Nist and Diehl Test Anxiety Questionnaire dan dilaksanakan pada bulan September–Oktober 2015. Hasil penelitian didapatkan 9,30% mahasiswa mengalami kecemasan ringan, 86,40% kecemasan sedang, dan 4,30% kecemasan berat. Hasil uji korelasi Pearson didapatkan p<0,05 dan r –0,449. Kecemasan menghadapi ujian mengganggu proses daya ingat dan atensi sehingga mempengaruhi performa ujian pada mahasiswa yang mengakibatkan menurunnya hasil belajar. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat korelasi yang bermakna bersifat negative antara kecemasan menghadapi ujian dan hasil belajar yang berarti semakin tinggi kecemasan menghadapi ujian semakin rendah hasil belajar mahasiswa. Kata kunci : hasil belajar, kecemasan, ujian Anxiety is a normal situation of human development, of life changing, of new experience that has not been tried before, and of self-discovery. Medical students do not escape from anxiety. Nearly 80% of medical students around the world confront anxiety. One cause of this anxiety is a test. Test anxiety will lead a negative impact on student achievement. This study is a descriptive-analytic study with cross-sectional approach. This study is using primary and secondary data. Population of this research was 233 people. The study was conducted at Faculty of Medicine Lampung University using simple-random sampling technique. There were 162 participants of this study. This study conducted on September–October 2015 and was using Nist and Diehl Test Anxiety Questionnaire. The result of study were 8,2% students experience mild exam anxiety, 86,8% experience moderate exam anxiety and another 4,9% experience severe exam anxiety. The Pearson correlation test result p<0,05 and r –0,42. Anxiety interferes with memory recall and attention thus affect student performance on test that resultingthe decrease of student achievement. There was a significant negative correlation between test anxiety and student achievement. Therefore the higher test anxiety level, the lower student achievement. Keywords : anxiety, student achievement, test

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> R Medicine (General)
Program Studi: Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter
Pengguna Deposit: 3562181 . Digilib
Date Deposited: 28 Jan 2016 07:10
Terakhir diubah: 28 Jan 2016 07:10
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20675

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir