JELITA LAYONG SARI , 1013052006 (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN BELAJAR MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DEPAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENYETUJUI.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (107Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (187Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (200Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (7Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah penelitian ini adalah keterampilan belajar siswa. Permasalahannya adalah “apakah keterampilan belajar pada siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung tahun pelajaran 2014/2015 dapat dikembangkan melalui layanan bimbingan kelompok?”. Tujuan penelitian untuk mengembangkan keterampilan belajar siswa dengan menggunakan layanan bimbingan kelompok. Metode penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequievalent control group design. Subjek penelitian sebanyak 20 orang siswa yang dibagi menjadi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, masing-masing terdiri dari 10 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan AUM PTSDL - keterampilan belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan belajar siswa dapat dikembangkan melalui layanan bimbingan kelompok, terbukti dari hasil analisis data keterampilan belajar siswa menggunakan uji wilcoxon, dimana diperoleh nilai probabilitas pada kelompok eksperimen diperoleh sebesar 0.005 < sig. 0.05 sehingga Ha1 diterima dan Ho1 ditolak, sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh angka probabilitas sebesar 0.465 pada Asymp. Sig (2-tailed) hal ini menunjukkan bahwa angka probabilitas > sig. 0,05 sehingga Ha2 ditolak dan Ho2 diterima. Hal ini berarti bahwa terdapat peningkatan keterampilan belajar yang signifikan pada kelompok eksperimen setelah diberi layanan bimbingan kelompok, dan tidak terdapat peningkatan keterampilan belajar yang signifikan pada kelompok kontrol yang tanpa diberi layanan bimbingan kelompok, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan layanan bimbingan kelompok dapat mengembangkan keterampilan belajar siswa kelas VII SMP Negeri 22 Bandar Lampung. Saran yang diberikan adalah kepada (1) Siswa hendaknya mengikuti kegiatan bimbingan kelompok untuk mengembangkan keterampilan belajar siswa, (2) Guru bimbingan dan konseling hendaknya mengadakan kegiatan bimbingan kelompok secara rutin untuk mengembangkan keterampilan belajar siswa (3) Peneliti lain yang akan melakukan penelitian tentang keterampilan belajar siswa dengan bimbingan kelompok hendaknya dapat menggunakan subjek berbeda dan meneliti variabel lain dengan mengontrol variabel yang sudah diteliti sebelumnya Kata kunci: bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok, keterampilan belajar siswa
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | 9186340 . Digilib |
Date Deposited: | 01 Feb 2016 04:54 |
Terakhir diubah: | 01 Feb 2016 04:54 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20786 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |