PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2011/2012)

0813024041, Prisilia Anggun Larasati (2012) PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI POKOK SISTEM PENCERNAAN (Kuasi Eksperimental pada Siswa Kelas XI IPA Semester Genap SMA Negeri 1 Trimurjo Tahun Pelajaran 2011/2012). Digital Library.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER DEPAN.pdf

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK revisi hasil.pdf

Download (90Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. PERSEMBAHAN.pdf

Download (73Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8. Motto.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERNYATAAN.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. SANWACANA.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. Daftar Isi.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Tabel.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Gambar.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I (1-12).pdf

Download (136Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II (13-28).pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III (29-47).pdf

Download (220Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB V (80-81).pdf

Download (82Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV (48-79).pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (16Mb)
[img]
Preview
File PDF
DAPUS (82-86).pdf

Download (122Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Keterampilan berpikir kritis merupakan salah satu aspek yang penting untuk dikembangkan dalam proses pembelajaran Biologi. Keterampilan berpikir kritis ini merupakan kecakapan hidup (life skill) bagi siswa saat terjun dalam kehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi pokok Sistem Pencernaan. Penelitian ini adalah kuasi eksperimental dengan desain pretes postes kelompok non-ekuivalen. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 dan XI IPA 3 yang dipilih secara cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif Prisilia Anggun Larasati iii dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari nilai N-gain rata-rata nilai pretes dan postes yang dianalisis secara statistik menggunakan uji-t pada taraf kepercayaan 5% melalui program SPSS 12. Data kualitatif berupa deskripsi keterampilan berpikir kritis oleh siswa, aktivitas belajar siswa, dan angket tanggapan siswa terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Data kualitatif dianalisis secara deskriptif dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan berpikir kritis oleh siswa kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol (eksperimen = 68,23; kontrol = 55,23). Rata-rata peningkatan keterampilan berpikir kritis semua indikator yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 43,73; kontrol = 34,54). Rata-rata persentase aktivitas siswa dalam semua aspek yang diamati pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (eksperimen = 75,96%; kontrol = 67,21%). Sebagian besar siswa memberikan tanggapan positif terhadap penggunaan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS. Dengan demikian, pembelajaran menggunakan multimedia interaktif melalui model pembelajaran kooperatif tipe TPS berpengaruh signifikan terhadap keterampilan berpikir kritis oleh siswa. Kata kunci : multimedia interaktif, model pembelajaran TPS, keterampilan berpikir kritis, sistem pencernaan

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: tik7 . Unila
Date Deposited: 18 May 2016 06:56
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/20840

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir