STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD)

0743031001, ADE IRAWAN (2016) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW, NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT), DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD). digilib library.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab I.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab II.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab III.pdf

Download (104Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (319Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab V.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar ekonomi siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, Numbered Heads Together (NHT), dan Student Teams Achievement Divisions (STAD). Penelitian ini tergolong penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen. Metode eksperimen yang digunakan adalah metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 15 Bandar Lampung tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes awal (pretest) dan tes hasil belajar (posttest). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Anava satu jalur (One-Way Anova) melalui perangkat lunak SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, NHT, dan STAD. Peningkatan rata-rata hasil belajar ekonomi siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe NHT paling tinggi dibandingkan dengan peningkatan rata-rata hasil belajar ekonomi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD. Dengan demikian model pembelajaran kooperatif tipe NHT paling baik (paling efektif) dari ketiga model dalam meningkatkan hasil belajar ekonomi. Kata kunci: Hasil belajar, Model kooperatif tipe Jigsaw, NHT, dan STAD

Jenis Karya Akhir: Artikel
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT . Dito Nipati
Date Deposited: 18 May 2016 06:45
Terakhir diubah: 18 May 2016 06:45
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21005

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir