FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERCAPAINYA TARGET PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG

MIRANTI ANDINI , 1116021069 (2016) FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB TIDAK TERCAPAINYA TARGET PENERIMAAN RETRIBUSI PARKIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
COVER LUAR.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (714Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (471Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (742Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
MOTO.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
SANWACANA.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III.pdf

Download (53Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB IV.pdf

Download (580Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB V.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (111Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB VI.pdf

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak

Pelayanan parkir merupakan penyediaan tempat parkir yang khusus disediakan, dimiliki dan dikelola oleh pemerintah daerah. Keberhasilan penyelenggaraan perparkiran dalam era otonomi daerah dapat terlihat pada kemampuan daerah dalam memanfaatkan kewenangan luas, nyata, dan bertanggung jawab secara profesional dalam menggali sumber-sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD). Jumlah pemilik kendaraan roda dua dan empat di Kota Bandar Lampung sebanyak kurang lebih 3,5 juta unit dengan rincian kendaraan bermotor sebanyak kurang lebih 3,4 juta unit dan kendaraan mobil sebanyak kurang lebih 27 ribu unit. Oleh sebab itu semakin diperluasnya lahan parkir yakni tercatat terdapat 93 titik lokasi parkir dalam 20 wilayah, pada kenyataannya target penerimaan retribusi parkir tidak tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan faktor-faktor penyebab tidak tercapainya target penerimaan retribusi parkir dengan studi pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yang mendeskripsikan atau menggambarkan mengenai faktorfaktor penyebab penerimaan retribusi parkir pada Dinas Perhubungan Kota Bandar Lampung yang tidak mencapai target pertahunnya. Berdasarkan hasil penelitian yang merujuk pada teori Josef R. Kaho, faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan retribusi yaitu: (1) faktor pengetahuan organisasi, di dalam faktor pengetahuan organisasi pegawai-pegawai tetap Dinas Perhubungan memahami tujuan pemungutan retribusi parkir, tetapi juru parkir tidak mengetahui tujuan retribusi parkir. Hal ini disebabkan karena tidak adanya sosialisasi yang dilakukan oleh pengelola kepada juru parkir. (2) faktor disiplin kerja pegawai, dalam faktor disiplin kerja pegawai masih ada pegawai yang tidak mentaati dalam hal waktu kerja, ini dikarenakan kurangnya sanksi tegas terhadap pegawai yang tidak mentaati peraturan. Terakhir (3) faktor pengawasan, faktor pengawasan merupakan faktor paling dominan, karena masih lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh kepala dinas maupun kasubag UPT. Lemahnya pengawasan secara langsung mengakibatkan adanya juru parkir liar yang tidak menyetorkan pendapatannya kepada UPT, lalu adanya perbedaan yang jauh antara setoran yang diberlakukan UPT kepada pengelola, dan dari pengelola kepada juru parkir. Ketiga faktor ini yang mempengaruhi tidak tercapainya target penerimaan retribusi parkir di Kota Bandar Lampung. Kata Kunci : Retribusi Parkir, Pengetahuan Organisasi, Disiplin, Pengawasan abstract Parking service is the provision of a special parking place is provided by the local government. The success of the implementation of parking in the era of regional autonomy can be seen in the regions ability to take advantage of broad authority, real, and responsible professionals in exploring sources of local revenue. The number of owners of two-wheelers and four wheelers in Bandar Lampung city of approximately 3.5 million units, with details of motor vehicles as much as 3.4 million units and vehicle car as much as approximately 27 thousand units. Therefore, the more extended the parking area there are 93 points recorded parking locations in 20 territories, in fact, parking fees revenue target is not reached. The purpose of the research is that to analyze the causal factors of not achieving the target of receiving parking retribution based on the study by Transportation Department of Bandar Lampung. The method used in the research is qualitative method which describes or illustrates about the causal factors of not achieving the target of receiving parking retribution in Transportation Department of Bandar Lampung city every year. Based on the result of the research referring to the theory of Josep R Kaho, the factors which influence the receiving of retribution are: (1) the factor of knowledge of organization, in organizational knowledge factors remain employees of the Department of Transportation understand the purpose of the collection of parking fees, but the parking attendants do not know the purpose of the main parking fees. This is due to the lack of socialization manager of the parking attendants. (2) the factor of working discipline of employees, in the factor labor discipline of employees, there are employees who arrive late or leave work prematurely. This is because the lack of strict sanctions against employees who don’t obey the rules. (3) the factor of supervision, factor supervision is the most dominant factor, due to weak supervision by head of department and head of sub-section UPT. Weak direct supervision, resulting in illegal parking attendants are not depositing revenue to UPT. The difference between the deposit imposed far UPT to the manager, and from the manager to the parking attendants. These three factors are used by the writer as the indicators in the research, then, the implementation is analyzed in affecting the receiving of parking retribution which has never achieved the target in Bandar Lampung. Key Words : Parking Retribution, Knowledge Organization, Discipline, Supervision

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > JA Political science (General)
Program Studi: Fakultas ISIP > Prodi Ilmu Pemerintahan
Pengguna Deposit: 7356031 . Digilib
Date Deposited: 22 Feb 2016 06:48
Terakhir diubah: 22 Feb 2016 06:48
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21132

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir