Roni Mustofa, 0913041059 (2016) RESEPSI SISWA TERHADAP CERPEN MATA YANG ENAK DIPANDANG KARYA AHMAD TOHARI DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR SINGKATAN.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (259Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (331Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MENGESAHKAN.pdf Download (234Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (502Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (14Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah resepsi siswa terhadap cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari dan implikasinya pada pembelajaran sastra di SMA. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan resepsi siswa terhadap cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS IV SMA Negeri 7 Bandarlampung. Data dalam penelitian ini adalah data kualitatif yang berupa katakata atau kalimat-kalimat yang isinya tanggapan siswa terhadap fakta-fakta cerita yaitu, tokoh, alur, latar, dalam cerpen Mata yang Enak Dipandang karya Ahmad Tohari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa meresepsi fakta-fakta cerita dalam cerpen. Siswa meresepsi tokoh berdasarkan tiga aspek yang melekat, yaitu aspek fisik, psikologis, dan sosiologis. Tokoh Mirta secara fisik dideskripsikan oleh siswa sebagai tokoh yang buta. Secara psikologis Mirta dideskripsikan sebagai seorang yang sangat kesal dan emosional terhadap Tarsa karena sering dimanfaatkan. Secara sosiologis keberadaan tokoh Mirta tidak diinginkan keberadaanya di tengah masyarakat. Tokoh Tarsa secara fisik dideskripsikan oleh siswa sebagai manusia yang memiliki tubuh sempurna tanpa ada kecacatan. Psikologis dari Tarsa digambarkan oleh siswa sebagai orang yang licik yang hanya memanfaatkan orang lain saja. Secara sosiologis kehadiran tokoh Tarsa dianggap tidak memiliki dampak yang positif dalam kehidupan masyrakat. Pada resepsi terhadap alur, secara keseluruhan siswa menyatakan bahwa alurnya sangat bagus dan sangat cocok sehingga mampu membuat pembaca tertarik dan penasaran untuk membacanya. Selanjutnya pada resepsi terhadap latar, siswa meresepsi latar tempat, waktu, dan sosial. Secara keseluruhan ketiga unsur latar Roni Mustofa tersebut ditanggapi baik oleh siswa. Siswa tidak mengalami kesulitan dalam menganalisis latar tempat dan waktu dalam cerpen, pada latar sosial hanya sebagian kecil siswa yang dapat memahami. Hasil penelitian ini selanjutnya diimplikasikan dalam pembelajaran sastra di Sekolah Menengah Atas dengan Kurikulum 2013. Resepsi siswa terhadap cerpen tersebut juga dapat dijadikan bahan ajar dan referensi yang membantu guru mata pelajaran Bahasa Indonesia dalam Apresiasi Prosa. Kata kunci : cerpen, resepsi, siswa.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > P Philology. Linguistics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah |
Pengguna Deposit: | 3490189 . Digilib |
Date Deposited: | 23 Feb 2016 01:41 |
Terakhir diubah: | 23 Feb 2016 01:41 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/21146 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |