PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG

Muhammad Yusuf (alm)., Sriana Ezabella (2014) PENGGUNAAN MEDIA KOMIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI IPS 4 SMA NEGERI 8 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
FIle PDF
COVER DALAM.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRACT.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
ABSTRAK.pdf

Download (47Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (411Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (420Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (448Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB I .pdf

Download (105Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB II.pdf

Download (309Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB III .pdf

Download (198Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (575Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB V .pdf

Download (60Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88Kb) | Preview

Abstrak

Menulis naskah drama merupakan proses kreatif. Melihat fakta selama ini, pembelajaran menulis naskah drama di SMA Negeri 8 Bandar Lampung belum sepenuhnya optimal dan hanya memperoleh nilai rata-rata 45,34%. Pemilihan komik sebagai media dalam pembelajaran menulis naskah drama dengan alasan-alasan tertentu, salah satunya karena komik banyak penggemarnya,dan komik mempunyai kesamaan dengan naskah drama.Bagaimana proses pembelajaran dengan menggunakan media komik untuk meningkatkan kemampuan menulis naskah drama siswa SMA Negeri 8 Bandar Lampung kelas XI IPS 4 tahun ajaran 2012-2013? Tujuannya adalah meningkatkan hasil belajar menulis naskah drama dan memperbaiki proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Tahapan-tahapan penelitian tindakan meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diambil berupa aktivitas siswa dan guru selama proses pembelajaran, dan juga data kompetensi siswa dalam menulis naskah drama dengan menggunakan media komik. Kemampuan menulis naskah drama siswa dengan menggunakan media komik mengalami peningkatan pada setiap siklusnya, demikian juga dengan aktivitas siswa mengalami peningkatan. Pada siklus I kompetensi siswa dalam menulis naskah drama rata-rata 57% dan pada siklus II menjadi 61.32 % selanjutnya pada siklus III mencapai 74,1 % sedangkan KKM 71. Aktivitas siswa pada siklus I rata-rata 63,14 % meningkat pada siklus II menjadi 70%, dan pada siklus III menjadi 81,29%. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan penggunaan media komik dapat meningkatkan kompetensi menulis naskah drama siswa SMA N 8 Bandar lampung. Kata kunci, media komik, menulis naskah drama Writing a play script is a creative process. The learning of play script writing, based on the fact so far, at SMAN 8 Bandar Lampung has not been fully optimized and students only got an average score of 45.34%. Comics can be used as a medium for learning on how to write a play script since most people love them and they have much in common with play scripts. The purposes of this research were to improve the learning process of students’ play script writing as well as to increase the learning outcome of play script writing through the medium of comics of the students of SMAN 8 Bandar Lampung. This research is a kind of classroom action research (CAR). The phases of the action research include planning, action, observation, and reflection. The data were taken in the form of teacher and students’ activities during the learning process as well as the data in the form of students’ competence in play script writing through the medium of comics. The findings show that students’ activity and competence in play script writing improve in each cycle. The students’ competence in writing a play script in cycle I was 57% on average, in cycle II 61.32% on average, and in cycle III 74.1% with a Minimum Mastery Criterion of 71. The students’ activity in cycle I was 63.14% on average, in cycle II it became 70%, and it reached 81.29% in cycle III. Based on the data obtained, it is concluded that the use of the medium of comics can improve students’ competence in play script writing of SMAN 8 Bandar Lampung. Key words: the medium of comics, play script writing.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 05 Jul 2014 04:37
Terakhir diubah: 05 Jul 2014 04:37
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir