Sodikin (alm), Mei Jayadi (2014) STUDI PERBANDINGAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE YANG BERBEDA. Masters thesis, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (73Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (232Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (263Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (855Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (162Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (333Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (1980Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (421Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (665Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT), Team Games Tournament (TGT) dan Team Pair Share (TPS) dalam mata pelajaran IPS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian komparatif dengan pendekatan eksperimen semu. Populasi penelitian berjumlah 121 orang siswa kelas VII SMP N 2 Pakuan Ratu Way Kanan pada semester genap tahun pelajaran 2012/2013, dengan jumlah sampel sebanyak 88 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling.. Pengujian hipotesis menggunakan rumus analisis varians satu arah dan uji lanjut t-Dunnet. Hasil penelitian menunjukkan (1) pengujian hipotesis pertama diperoleh Fhitung 18,273 dan Ftabel 3,104, maka hipotesis diterima. (2) hipotesis kedua diperoleh hasil Thitung 3,226 > Ttabel 1,663, maka hipotesis diterima. (3) hipotesis ketiga diperoleh Thitung 6,038 > Ttabel 1,663, maka hipotesis diterima. (4) hipotesis keempat diperoleh hasil T hitung 2,868 > Ttabel 1,663, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan (1)Ada perbedaan dalam hasil rata-rata hasil belajar IPS siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe NHT, TGT dan TPS. (2) Hasil belajar IPS siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari pembelajaran tipe TGT. (3) Hasil belajar IPS siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih tinggi dari yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TPS. (4) Hasil belajar IPS siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih tinggi dfari pada menggunakan pemeblajaran l kooperatif tipe TPS. Kata Kunci: studi perbandingan, pembelajaran kooperatif, TGT, NHT, TPS The study purpose is to find out the theeffectivity implementation of cooperative learning models Numbered Heads Together (NHT), Team Games Tournament (TGT), dan Think Pair Share (TPS) in Social Study Learning. The Methods used is Comparative Study with experiment approach. The.population is 121 student of grade 7 at SMPN 2 PakuanRatu Way Kanan, with samples are 88 student. Data sampling is clustering random sampling. Hypothesis uses one way variant of pattern analysis and futherDunnnet t-test. The result show (1) the first hypothesis testing obtained F count 18,273 > F.table 3,104, so hypothesis accepted. (2) the second hypothesis obtained T.count3,226 > T table 1,663, so hypothesis accepted. (3) toasses the third hypothesis obtained T count 6,038 >T table 1,663, and hypothesis accepted. (4) The fourth hypothesis testing obtained Tcount 2,868 > T table 1,663 so hypothesis accepted. Based the study result can be concluded (1) There is a difference in average result of social study the students that given cooperative learning tipe of NHT, TGT and TPS. (2) Study result of social study the students use cooperative learning tipe NHT is higher than those who use cooperative learning tipe TGT (3).Learning result social study the student who use cooperative tipe NHT is higher than those who use cooperative tipe TPS. (4) Learning result social study the student who use cooperative tipe TGT is higher than those who use cooperative tipe TPS. Keyword: Cooperative study, cooperative learning, NGT, TGT, TPS.
Jenis Karya Akhir: | Tesis (Masters) |
---|---|
Subyek: | > HV Social pathology. Social and public welfare > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 05 Jul 2014 04:57 |
Terakhir diubah: | 05 Jul 2014 04:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/2225 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |