EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP

S.Painu, Nur Ani Sri Hartati (2013) EFEKTIVITAS MODEL SIKLUS PEMBELAJARAN PREDICT-OBSERVE EXPLAIN PADA MATERI TERMOKIMIA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI DAN PENGUASAAN KONSEP. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (32Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (3120Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
SURAT PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (547Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (52Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (185Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (112Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Updated Version
Restricted to Registered users only

Download (115Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (125Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (8Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model siklus pembela- jaran Predict-Observe-Explain (POE) pada materi pokok Terkomia dalam me- ningkatkan keterampilan berkomunikasi dan penguasaan konsep siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI IPA 1 SMA Gajah Mada Bandar Lampung semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini meng- gunakan metode penelitian Pre-Experimental , dan menggunakan one-group pretest-posttest design. Efektivitas model siklus pembelajaran POE diukur ber- dasarkan nilai n-gain (gain ternormalisasi). Dimana rerata n-Gain untuk keterampilan berkomunikasi siswa 0,4, dengan kriteria sedang. Dan rerata n-Gain penguasaan konsep 0,7, dengan kriteria tinggi. Hal ini menunjukkan bahwa model siklus pembelajaran POE efektif dalam meningkatkan keterampilan ber- komunikasi dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Kata kunci: model siklus belajar POE, keterampilan berkomunikasi, penguasaan konsep.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 09 Jan 2014 06:15
Last Modified: 09 Jan 2014 06:15
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/295

Actions (login required)

View Item View Item