EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI

Mastur, Ria Afriyanti (2013) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA MATERI ASAM-BASA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENCAPAIAN KOMPETENSI. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
3. COVER DALAM.pdf - Published Version

Download (482Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
2. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
4. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version

Download (446Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
6. LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version

Download (246Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
11. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 1.pdf - Published Version

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 2.pdf - Published Version

Download (266Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 3.pdf - Published Version

Download (257Kb) | Preview
[img] FIle PDF
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (259Kb)
[img]
Preview
FIle PDF
BAB 5.pdf - Published Version

Download (85Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img] Archive
3. LAMPIRAN.zip - Published Version

Download (4Mb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode Pre-experimental dengan one-group pretest-posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA1 SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung semester genap tahun Pelajaran 2012-2013. Efektivitas model pem-belajaran inkuiri terbimbing ditunjukkan oleh peningkatan nilai pretest dan posttest yang dilihat dari rata-rata nilai n-Gain dan ketuntasan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi adalah 0,61 dan 0,54, sedangkan persentase ketuntasan hasil belajar pencapaian kompetensi mencapai KKM sebesar 75,86%. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran inkuiri terbimbing pada materi asam-basa efektif dalam meningkatkan keterampilan mengelompokkan dan pencapaian kompetensi dengan kriteria sedang. Kata kunci: Inkuiri terbimbing, keterampilan mengelompokkan, pencapaian kompetensi.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > L Education (General) = Pendidikan
> QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 10 Jan 2014 02:05
Terakhir diubah: 10 Jan 2014 02:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/307

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir