Kodrat, VITA NURVATIMAH (2013) PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DAN PAKEM UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VB SD NEGERI 8 METRO TIMUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover Dalam.pdf - Published Version Download (90Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Hal. Persetujuan.pdf - Published Version Download (161Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (244Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (16Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 1.pdf - Published Version Download (179Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 2.pdf - Published Version Download (254Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Bab 3.pdf - Published Version Download (349Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab 4.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (530Kb) |
||
|
File PDF
Bab 5.pdf - Published Version Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (150Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (9Mb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian dilatarbelakangi oleh hasil observasi peneliti yang menemukan bahwa proses pembelajaran matematika di kelas VB SD Negeri 8 Metro Timur belum dilaksanakan secara optimal, sehingga berdampak pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan hasil belajar matematika siswa yaitu 37,03% siswa yang memperoleh nilai memenuhi KKM (≥55). Tujuan penelitian adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dan PAKEM. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan setiap siklusnya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus yang setiap siklusnya terdiri dari tiga pertemuan. Alat pengumpul data penelitian adalah lembar observasi dan soal tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian pada siklus I rata-rata komponen aktivitas siswa secara klasikal sebesar 66,34 dengan persentase siswa aktif 40,74% (kategori sedang), siklus II sebesar 70,99 dengan persentase siswa aktif 51,85% (kategori sedang), dan siklus III sebesar 84,69 dengan persentase siswa aktif 81,48% (kategori sangat tinggi). Sementara ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 48,15% (kriteria sedang) dengan rata-rata kelas sebesar 61,52, siklus II sebesar 62,96% (kriteria tinggi) dengan rata-rata kelas sebesar 61,95, dan siklus III sebesar 88,89% (kriteria sangat tinggi) dengan rata-rata kelas 82,34. Dengan demikian, pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan Realistic Mathematics Education dan PAKEM dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa. Kata kunci: pendekatan realistic mathematics education dan PAKEM, aktivitas siswa, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 10 Jan 2014 08:36 |
Terakhir diubah: | 10 Jan 2014 08:36 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/382 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |