Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X Sma Negeri 1 Padang Cermin

Situmorang, Hotran (2011) Peningkatan Penguasaan Kosakata Siswa Melalui Media Gambar Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X Sma Negeri 1 Padang Cermin. Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_Cover.pdf

Download (100Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_BAB I.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_BAB II.pdf

Download (320Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_Bab III.pdf

Download (1196Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_BAB IV.pdf

Download (657Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_BAB V.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_DAFTAR IS1.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Hotran Situmorang_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (12Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menyusun dan memperbaiki perencanaan pembelajaran, mendeskripsikan strategi pelaksanaan, evaluasi dan mendeskripsikan peningkatan kosa kata siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 3 siklus karena indikator penelitian baru tercapai pada siklus 3. Di dalam setiap siklus dilakukan pengamatan dan tes kosa kata. Pada siklus pertama menggunakan media gambar, diberikan yang dicetak pada kertas, siklus ke dua menggunakan media gambar yang ditampilkan dislide dengan proyektor, pada siklus ke tiga,media gambar ditampilkan pada slide dan siswa diberikan gambar yang dicetak secara berkelompok. Masing-masing siklus di lakukan pengamatan dan tes kosa kata. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan kosa kata siswa. Penyusunan Rencana Pembelajaran yang baik menjadi penentu keberhasilan proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran pada penelitian ini, dengan menerapkan pendekatan, yaitu konstruktivis, inkuiri, bertanya, masyrakat belajar, pemodelan, refleksi, penilain otentik. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan komponen-komponen yang tepat untuk menilai kosakata siswa, yaitu (1) isi, ( 2) penggunaan kosa kata, (3) mekanik. Penelitian tindakan kelas menggunakan 2 kelas di SMA N 1 Padang Cermin, yaitu kelas X.1 dan kelas X.2. Nilai kosa kata siswa X.1 mengalami penurunan dari siklus 1 ke siklus 2 dan indikator baru tercapai di siklus 3. Rata-rata kosa kata siswa dari siklus 1 sampai 3 adalah: 1883, 1809, 2112. Sedangkan kosa kata siswa kelas X.2 mengalami penurunan dari siklus 1 sampai 2, siklus 3 indikator baru tercapai. Rata-rata kosa kata dari siklus 1 sampai 3 adalah : 1996, 1981, 2822. Nilai kosa kata kelas X.2 lebih tinggi dibandingkan kelas X.1. Kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Perbedaanya terletak pada aktivitas siswa di dalam mengikuti proses pembelajaran. Siswa kelas X.2 sedikit lebih aktif di dalam mengikuti proses pembelajaran. Nilai kosa kata siswa pada kedua kelas tersebut mengalami peningkatan, namun siswa kelas X.2 memiliki rata-rata yang lebih baik. This classroom action research aims to make and revise learning plan, describe strategy, evaluate and describe improvement of the students’ vocabulary. This classroom action reasearch was done in 3 cyrcles.In every cycle, there were observations and vocabularies test done by students. 1st cyrcle, studens are given frinted picture,2nd cyrcle use the picture in the slide, For the 3rd cyrcle, teacher uses picture both printed on the papper or in the slide to the group of the students.. This classroom action used 2 classes at SMA N 1 Padang Cermin i.e. Class X.1 and X.2. The vocabulary of class X.1 was low from cycle 1 to cycle 2. But on the 3rd cycle it reached. The average of vocabularies from the 1st until 3rd cycle was 1883, 1809, 2112. Meanwhile, the vocabularies of class X.2 was low from the 1st dan the 2nd cycle. But in the 3rd cycle, it was reached. The average of student vocabularies of class X.2 was 1996, 1981, 2822. The score of vocabularies of class X.2 is higher than X.1. The plan of teaching learning by using pictures can improve the action of teaching learning process in the classroom. By using pictures, the students are active. So Pictures Media can improve the activity of the students. PARAGRAP 3 KE BAWAH, PARAGRAP INI KE ATAS………………………………………… Students’vocabularies is increasing at the third cycle both class X.1 and X.2. The students of X.2 is more active than students of X.1 in teaching learning process, and the result of vocabularies test of students X.2 is better than students X.1.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Teknologi Pendidikan
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 07:59
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 07:59
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/407

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir