Setiadi Raharjo, 1013043039 (2014) LEARNING TO DANCE BEDANA STUDENTS VIII.A JUNIOR HIGH SCHOOLS 7 BANDAR LAMPUNG WITH DEMONSTRATION USING PEMBELAJARAN TARI BEDANA PADA SISWA-SISWI KELAS VIII.A SMP NEGERI 7 BANDAR LAMPUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (50Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (17Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (41Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (75Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (103Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (531Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (121Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (944Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (44Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
The purpose of this study is to describe the learning process and outcomes of learning using Bedana Dance as method that was conducted at VIII.A grade in junior high schools 7 Bandar Lampung that include of 27 students with 9 male and 18 female students. This research used method of descriptive qualitative research, that is to describe a learning in systematical and detailed study. This research used learning theoris and demonstraction method of data collecting techniques with observation, documentation and interview. Instrument of research using practical exam, observation of student activities and observation of teacher activity. Data analysis was performed with data reduction, data display and verification. the leasons of Bedana dance, Teacher used demontraction method to teach the student of nine motion of Bedana dance. Every meeting, teacher teach three motion of Bedana dance that are khesek gantung, khesek injing and ayun, and next meeting teacher teach ayun gantung, belitut and humbak moloh, tahtim, jimpang and gelek in last meet. Every motion of tari bedana that given by teacher with structural steps base on level of difficulty in Bedana dance motion and the range of motion given by repeatedly until all students are to demonstrate completely Bedana dance. Lessons learned Bedana dance got an average score of 77 with a good criterion indicates that the student has been able to demonstrate any range of motion Bedana dance as taught. Judging from the results of studying the overall range of motion, assessment is done based on two aspects, namely rote range of motion and precision motion with music. In the aspect of rote range of motion gets better with the criterion score of 78. Precision motion with the aspect of the music gets good criterion with a score of 75. Keywords: Bedana dance learning, demonstration method, evalution. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran Tari Bedana dengan menggunakan metode demonstrasi yang dilakukan pada siswa-siswi kelas VIII.A SMP Negeri 7 Bandar Lampung yang berjumlah 27 siswa terdiri dari 9 siswa dan 18 siswi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif yaitu agar menggambarkan suatu pembelajaran secara sistematis dan terperinci. Penelitian ini menggunakan teori pembelajaran dan metode demonstrasi dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Instrument penelitian berupa tes praktik, pengamatan aktivitas siswa dan pengamatan aktivitas guru. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Pelaksanaan pembelajaran Tari Bedana, guru menggunakan metode demonstrasi untuk memeragakan sembilan ragam gerak Tari Bedana. Pada setiap pertemuan, guru memeragakan tiga ragam gerak yaitu khesek gantung, khesek injing dan ayun, ayun gantung, belitut dan humbak moloh serta tahtim, jimpang dan gelek. Pembagian ragam gerak pada setiap pertemuan diberikan berurutan berdasarkan tingkat kesulitan ragam gerak dan dilakukan secara berulang-ulang sampai seluruh siswa mampu memeragakan setiap ragam gerak yang diberikan. Hasil pembelajaran Tari Bedana mendapat skor rata-rata 77 dengan kriteria baik yang menunjukkan bahwa siswa telah mampu memeragakan setiap ragam gerak Tari Bedana sesuai dengan yang diajarkan. Ditinjau dari hasil belajar keseluruhan ragam gerak, penilaian dilakukan berdasarkan dua aspek yaitu hafalan ragam gerak dan ketepatan gerak dengan musik. Pada aspek hafalan ragam gerak mendapat kriteria baik dengan dengan skor 78. Pada aspek ketepatan gerak dengan musik mendapat kriteria baik dengan skor 75. Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Pembelajaran Tari Bedana, Penilaian.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 14 Oct 2014 02:29 |
Terakhir diubah: | 14 Oct 2014 02:29 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4138 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |