Komang Suarka, NI SAYU KADEK YULIANTARI (2013) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI GUNUNG MULYO TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
COVER DALAM.pdf - Published Version Download (63Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (49Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf - Published Version Download (280Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version Download (246Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf - Published Version Download (220Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (55Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version Download (47Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (148Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (132Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (324Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (52Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip - Published Version Download (1537Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan data awal yang diperoleh di SD Negeri Gunung Mulyo yaitu hasil belajar siswa pada ulangan tengah semester ganjil pelajaran IPS tanggal 11 Oktober 2012 masih sangat rendah. Sejumlah 10 siswa (34,5%) siswa tuntas, sedangkan 19 siswa (65,5%) siswa belum tuntas. Berdasarkan kenyataan di atas penulis menerapkan pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Penelitian ini melibatkan 29 siswa, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan, kelas V di SD Negeri Gunung Mulyo pada semester genap Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis kulitatif dan analisis kuantitatif. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan pembelajaran CTL dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas V SD Negeri Gunung Mulyo dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 62,84% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 76,54%. Sementara nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 59,65, meningkat pada siklus II menjadi 73,79. Ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 55,17% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 79,31%. Kata kunci: aktivitas, hasil belajar, pembelajaran Contextual Teaching And Learning (CTL).
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | A.Md Cahya Anima Putra . |
Date Deposited: | 15 Jan 2014 08:03 |
Terakhir diubah: | 15 Jan 2014 08:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/431 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |