Rr. Tri Arum Wulandari, 1013043030 (2014) PEMBELAJARAN TARI BEDANA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI DI MTsN 2 BANDAR LAMPUNG. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (143Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (111Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (154Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (262Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (123Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (80Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (169Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (628Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (286Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (3216Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (130Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran tari bedana dengan menggunakan metode demonstrasi dan mendeskripsikan hasil belajar tari bedana menggunakan metode demonstrasi di MTsN 2 Bandar Lampung. Teori yang digunakan yaitu teori pembelajaran, tari bedana dan metode demonstrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VIII ekstrakurikuler tari MTsN 2 Bandar lampung yang berjumlah 10 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah observasi berperan serta, wawancara, dokumentasi, lembar pengamatan siswa, guru dan tes praktik. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Metode demonstrasi diterapkan pada pembelajaran tari bedana dari pertemuan awal hingga pertemuan akhir. Metode Demonstrasi merupakan metode yang tepat pada pembelajaran tari bedana karena metode ini dapat mempermudah guru untuk menjelaskan dan mempraktikan suatu gerak agar dapat dimengerti oleh siswa, dan siswa dapat mengikuti apa yang dipraktikan oleh guru. Hasil pembelajaran tari bedana dengan menggunakan metode demonstrasi menunjukkan bahwa siswa rata – rata sudah mampu memeragakan tari bedana dengan baik, hasil pengamatan aktivitas belajar sudah menunjukan hasil yang baik sekali di setiap pertemuannya dilihat dari penilaian rata – rata siswa yang menunjukan kriteria baik sekali. Penilaian diberikan melalui tiga aspek yaitu kemampuan gerak, ketetapan gerak dengan iringan dan eskpresi saat menari. This study aimed to describe the learning process by using bedana dance demonstration and dance bedana describe learning outcomes using MTsN 2 demonstration in Dublin. The theory used is the theory of learning, bedana dance and demonstration methods. This research uses descriptive qualitative method. Sources of data in this study is the teacher and eighth grade students extracurricular dance MTsN 2 Bandar Lampung totaling 10 students. The technique used to collect the data is participating observation, interviews, documentation, observation sheets of students, teachers and practice tests. Analysis of the data used is data reduction, data presentation, and verification. The method is applied to learning dance demonstration bedana from the initial meeting to the final meeting. Demonstration method is an appropriate method to study dance bedana because this method can facilitate the teacher to explain and practice a motion that can be understood by the student and the student can directly imitate and follow that practiced by the teacher. Bedana dance learning outcomes using the demonstration showed that the average student - has been able to demonstrate average bedana dance well, observation of learning activities has shown good results once in every meeting seen from scoring average - average students who show excellent criteria. Assessment is provided through three aspects of mobility, determination and expression of motion with accompaniment while dancing.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Seni Drama, dan Tari |
Pengguna Deposit: | 968829 . Digilib |
Date Deposited: | 22 Oct 2014 02:51 |
Terakhir diubah: | 22 Oct 2014 02:51 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |