HUBUNGAN PENGETAHUAN BUNGA BANK, PEMAHAMAN KONSEP LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP MANIAT MENABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN IPS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG

Putri, Rahmah Dianti (2011) HUBUNGAN PENGETAHUAN BUNGA BANK, PEMAHAMAN KONSEP LAYANAN DAN PRODUK TERHADAP MANIAT MENABUNG MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI JURUSAN IPS FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Universitas Lampung.

[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Cover.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Abstract.pdf

Download (68Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Abstrak.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Sanwacana.pdf

Download (262Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Daftar Isi.pdf

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Bab I.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Bab II.pdf

Download (316Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Bab III.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Bab IV.pdf

Download (146Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Bab V.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
FIle PDF
Rahmah Dianti Putri_Daftar Pustka.pdf

Download (13Kb) | Preview

Abstrak

Fokus penelitian ini merujuk ke tradisi PendidikanIPS yang kedua yaitu IPS sebagai ilmu-ilmu sosial, terdapat 8 disiplin ilmu sosial yang mendukung untuk pengembangan program social studies yaitu : antropologi, ekonomi, geografi, sejarah, filsafat, ilmu politik, psikologi dan sosiologi. Dalam penelitian yang akan penulis, penulis hanya mengkaji pendidikan ilmu ekonominya saja yaitu materi tentang perbankan. Mata kuliah perbankan sangat penting sekali bagi kehidupan mahasiswa karena selama mahasiswa menjalani perkuliahanya mereka yang akan sering berhubungan dengan perbankan. Data di Bank BNI 46 menunjukan hampir semua tabungan mahasiswa pendidikan ekonomi kurang ada aktifitas. Oleh karena itu disini penulis ingin melihat apakah pengetahuan suku bunga, fasilitas dan produk bank ada hubungannya dengan keputusan mahasiswa dalam menabung. Hubungan tersebut akan penulis teliti dengan mengambil judul penelitian “Hubungan pengetahuan tentang bunga bank, pemahaman konsep layanan dan produk terhadap minat Menabung Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung”. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk melihat apakah pengetahuan tentang bunga bank mempengaruhi minat menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung; (2) untuk mengetahui apakah pemahaman konsep layanan mempengaruhi minat menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung dan (3) untuk mengetahui apakah pemahaman produk juga mempengaruhi minat menabung mahasiswa Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Penelitian ini dilakukan dengan menyebar kuesioner dan melakukan wawancara langsung kepada 72 responden yang semuanya berasal dari mahasiswa Pendidikan Ekonomi Jurusan IPS Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung. Kuesioner diolah dengan menggunakan rumus korelasi Rank Spearman. Berdasarkan hasil uji hipotesis menggunakan korelasi Rank Spearman didapat hasil bahwa ketiga hipotesis yang diajukan penulis diterima dengan rincian hasil perhitungan korelasi suku bunga terhadap minat enabung sebesar 0, 376 dan masuk kategori hubungan rendah titik. Selanjutnya hasil korelasi fasilitas dan layanan terhadap minat menabung sebesar 0,534 dan masuk dalam kategori cukup kuat. Pemahaman produk oleh nasabah terhadap minat menabung memiliki korelasi sebesar 0,405 dan masuk dalam kategori hubungan cukup kuat.The focus of this research is related to the second tradition of Social Science Pedagogy, which state that Social Science as a science. There are eight social science disciplines which support development of social studies. In this research, writer investigates the economics only, specifically about Banking. Banking subject is an important subject to university students. Since in their daily routine of university activity related to the banking. Bank BNI 46 statement shows that there is a little activity almost all of university students of economics pedagogy account. Related to this statement, writer try to find out whether is there any relationship of knowledge bank interest, facility and Bank’s product toward students’ desire in saving. That relationship will be investigated by the writer, so, the title of this research is “Relationship of Knowledge Bank Interest, Understanding Concept of Services and Product Toward Desire to Save of University Students of Economics Pedagogy Social Major of Lampung University” Objective of this research are : (1) to find out whether understanding about bank interest influence university students of Economics Pedagogy Lampung University desire in saving; (2) to find out whether understanding abot concept of bank services influence university students of Economics Pedagogy Lampung University desire in saving; (3) to find out whether understanding about concept of bank product influence university students of Economics Pedagogy Lampung University desire in saving This research is done by spreading questioner and interviews to 72 respondents of university students of Economics Pedagogy Lampung University. The data processing which used in this research in term to process the data, using Correlation Rank Spearman. Refers to the result of the research using Correlation Rank Spearman, the correlation of these three hypotheses which proposed by the writer is accepted. Specifically, the correlation of bank interest to students’ desire is 0.376 and included Low Correlation Category. The second, the correlation of service andfacility toward saving desire is .534 and included Positive Enough Category. The last, understanding the customer of a bank toward the products has correlation 0.405 and included Positive Enough Category

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: S.I.Kom. Endah Kurniasari
Date Deposited: 15 Jan 2014 08:05
Terakhir diubah: 15 Jan 2014 08:05
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir