Joni Saputra, 1013053061 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPT SENTENCE UNTUK MENNGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IVA SD NEGERI 2 TULUNG BALAK. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (22Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (365Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (888Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (911Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (520Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (21Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (19Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (27Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (56Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (347Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (139Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (23Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV A SD Negeri 2 Tulung Balak pada pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran concept sentence. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus dengan tahap:1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen berupa: instrumen aktivitas dan hasil belajar siswa yang mencakup tiga aspek yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor serta instrumen penilaian kinerja guru (IPKG). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran concept sentence dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai aktivitas siswa pada siklus I (71,38) dengan kategori ”Cukup”, siklus II (78,09) dengan kategori ”Aktif”, dan siklus III (82,73) dengan kategori ”Aktif”. Meningkatnya aktivitas juga berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari ketuntasan klasikal aspek kognitif siklus I (57,89%) dengan kategori “Sedang”, siklus II (68,42%) dengan kategori “Tinggi”, dan siklus III (89,47%) dengan kategori “Sangat Tinggi”. Selain itu, ketuntasan klasikal aspek afektif pada siklus I (47,36%) dengan kategori “Sedang”, siklus II (63,15%) dengan kategori “Tinggi”, dan siklus III (78,94%) dengan kategori “Tinggi”. Ketuntasan klasikal aspek psikomotor siklus I (52,63%) dengan kategori “Sedang”, siklus II (73,68%) dengan kategori “Tinggi”, dan siklus III (84,21%) dengan kategori “Sangat Tinggi”. Kata kunci : model concept sentence, aktivitas belajar, hasil belajar. The aims of research are to increase activity and study result with implementation of concept sentence. The method of research was Classroom Action Research that consist of planning, implementing, observing, and reflecting. The instrument of data collection used observation sheet and test. The technique of data analysis used qualitative and quantitative analysis. Implementation of concept sentence can increase activity and study result. Keywords: activity, concept sentence, study result
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 292696 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Oct 2014 08:23 |
Terakhir diubah: | 24 Oct 2014 08:23 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4693 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |