Mangun Sukarto, Annastasia Mujirah (2014) PENINGKATKAN AKTIVITASDAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN TEKS PERCAKAPAN MELALUI METODE DEMONSTRASISISWA KELAS IV SD BPK PENABUR TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
File PDF
ABSTRAK.docx Download (14Kb) |
|
File PDF
BAB I.docx Download (29Kb) |
|
File PDF
BAB II.docx Download (49Kb) |
|
File PDF
BAB III.docx Download (35Kb) |
|
File PDF
BAB IV.docx - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (117Kb) |
|
File PDF
BAB V.docx Download (24Kb) |
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.docx Download (17Kb) |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (3475Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berbicara menggunakan teks percakapan, melalui metode demonstrasi pada siswa kelas IV SD BPK (Badan Pendidikan Kristen) Penabur Kota Metro. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas melalui siklus berdaur ulang dengan empat tahapan yaitu (1) persiapan (2) pelaksanaan (3) pengamatan/observasi (4) refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan aktivitas keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD BPK Penabur. Peningkatan ini terlihat pada hasil observasi aktivitas siswatentang aspek-aspek yang diamati antara lain perhatian siswa waktu guru menerangkan, siswa lebih aktif dalam menjawab pertanyaan guru, kesungguhan dalam melaksanakan tugas, dan dalam mengerjakan tugas dalam kelompok lebih aktif serta penuh dengan keceriaan dan kegembiraan ditandai hasil observasi aktivitas belajar siswa dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya, yaitu siklus I (64,96%), siklus II (80,5%) dan siklus III (90,5%). Pencapaian aktivitas belajar siswa dan keterampilan berbicara menggunakan teks percakapan melalui metode demonstrasi siswa, ditunjukkan dengan peningkatan nilai rata-rata pada setiap siklusnya, yaitu siklus I mencapai 69,9 meningkat pada siklus II menjadi 75,4 dan siklus III mencapai 94,4. Sedangkan untuk kinerja guru siklus I (88,69), siklus II (89,56) dan siklus III (90,4). Katakunci : Aktivitas, keterampilan berbicara, metode demonstrasi
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education > QA Mathematics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 07:15 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 07:15 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/475 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |