TUGIYEM, 1113127026 (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STAD SISWA KELAS IV SDN 1 TANJUNG KEMALA KECAMATAN PUGUNG KABUPATEN TANGGAMUS TAHUN PELAJARAN 2013/2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (137Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (98Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (13Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (35Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (122Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika dalam konsep pecahan pada siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Kemala tahun pelajaran 2014/2014. Siswa yang tidak mencapai ketuntasan yaitu sebanyak 21 (70%) dari 30 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Kemala menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus, yang tiap siklusnya terdiri atas perencaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data aktivitas belajar siswa diperoleh dari lembar observasi aktivitas siswa, kemudian data hasil belajar didapatkan dari tes yang dilakukan pada tiap siklus. Indikator keberhasilan penelitian adalah apabila aktivitas siswa telah mencapai rata-rata 70% dan ketuntasan hasil belajar siswa telah mencapai 70% yang telah mencapai KKM. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran STAD dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada pokok bahasan pecahan. Pada siklus I hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 54.4 dan pada siklus II mencapai 69.3 kemudian pada siklus III mencapai nilai rata-rata sebesar 72. Selain nilai rata-rata siswa yang meningkat, ketuntasan belajar siswa juga meningkat, pada siklus I terdapat sebanyak 13 siswa yang mengalami ketuntasan, kemudian pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa, selanjutnya pada siklus III seluruh siswa sebanyak 30 siswa telah tuntas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 1 Tanjung Kemala tahun pelajaran 2014/2014 Kata kunci: Kooperatif STAD, aktivitas belajar, hasil belajar
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 7628336 . Digilib |
Date Deposited: | 29 Oct 2014 05:02 |
Terakhir diubah: | 29 Oct 2014 05:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4935 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |