Rita Sari, 1013053024 (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 04 METRO TIMUR T.P. 2013/2014. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (224Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (397Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (444Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (298Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (32Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (52Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (155Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (182Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (254Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (465Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (11Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (41Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TWO STAY TWO STRAY DENGAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV SDN 04 METRO TIMUR T.P 2013/2014 Oleh RITA SARI Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV B SDN 04 Metro Timur, ketuntasan hasil belajar siswa yakni dengan nilai kognitif 50%, afektif 53% dan psikomotor 57% dengan kriteria ketuntasan ≥66. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media grafis. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklusnya. Setiap siklus terdiri 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Tehnik pengumpul data menggunakan tehnik nontes dan tes. Alat pengumpul data berupa lembar observasi dan soal-soal tes. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model cooperative learning tipe two stay two stray dengan media grafis dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 67,87 (baik) meningkat sebesar 17,84 pada siklus II menjadi 85,71 (sangat baik), nilai rata-rata afektif siswa pada siklus I 68,53 (baik) meningkat sebesar 14,66 pada siklus II menjadi 83,19 (sangat baik). Begitu pula dengan nilai rata-rata psikomotor siswa pada siklus I 74,77 (baik) meningkat sebesar 9,90 pada siklus II menjadi 84,67 (sangat baik). Sedangkan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I 64,41 (cukup) meningkat sebesar 14,32 pada siklus II menjadi 78,73 (baik). Kata kunci: model cooperatif learning tipe two stay two stray, media grafis, aktivitas, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 656707 . Digilib |
Date Deposited: | 30 Oct 2014 02:30 |
Terakhir diubah: | 30 Oct 2014 02:30 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/4938 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |