Sastrowiyono, JUWARTI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI METODE INQUIRY PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 3 MARGADADI TAHUN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (120Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (189Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (177Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (39Kb) | Preview |
|
Archive
LAMPIRAN.zip Download (596Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sedangkan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi dapat ditingkatkan menggunakan metode inquiry. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA menggunakan metode inquiry pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi Jati Agung Lampung Selatan tahun 2013. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research), dalam bentuk siklus yang masing-masing siklus terdiri dari rencana tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sedangkan subyek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi yang berjumlah 23 orang siswa terdiri dari 13 orang putra dan 10 orang putri. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui tes tertulis bentuk objektif. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan persentase . Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA pada siswa kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi Lampung Selatan tahun 2013. Hal tersebut dibuktikan dari hasil pengolahan data penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus III. Data hasil belajar pada siklus I sebanyak 11 orang (47,80%), siklus II sebanyak 15 orang (65,20%), dan siklus III sebanyak 21 orang (91,30%) siswa tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar IPA kelas IV SD Negeri 3 Marga Dadi dengan menggunakan metode Inquiry. Saran dari hasil penelitian ini adalah kepada guru yang melakukan penelitian dalam mata pelajaran IPA kelas IV hendaknya menggunakan metode inquiry agar dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Kata kunci: metode inquiry, hasil belajar IPA
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | Robidin |
Date Deposited: | 16 Jan 2014 08:02 |
Terakhir diubah: | 16 Jan 2014 08:02 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/509 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |