STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2112

Dede Kurniawan, 0853031007 (2013) STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2112. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (130Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Dalam.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Cover Luar.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf

Download (54Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (37Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Grafik.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (156Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II .pdf

Download (178Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (236Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (659Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab V.pdf

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Way Tenong dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 274 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Tenong pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, dengan sampel sebanyak 64 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus T-test dan rumus N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1. Berdasarkan pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Thitung 4,330 dan Ttabel 1,697 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran kooperatif type Group Investigation dan model pembelajaran langsung. 2. Berdasarkan pengujian diketahui hasil N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada N-gain kelas kontrol yaitu (1.632 > 1.492) dan uji t (kesamaan dua rata-rata) N-gain yaitu thitung > ttabel, dengan demikian Ho diterima yang berarti ada peningkatan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe group investigaton dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Model Pembelajaran Langsung.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 05 Dec 2014 02:09
Terakhir diubah: 05 Dec 2014 02:09
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5561

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir