Dede Kurniawan, 0853031007 (2013) STUDI PERBANDINGAN PENINGKATAN HASIL BELAJAR EKONOMI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) DAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WAY TENONG LAMPUNG BARAT TAHUN PELAJARAN 2011/2112. UNSPECIFIED.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (130Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Dalam.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Cover Luar.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lembar Pengesahan.pdf Download (54Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf Download (36Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (129Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Grafik.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (156Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II .pdf Download (178Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (236Kb) | Preview |
|
File PDF
Bab IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (659Kb) |
||
|
File PDF
bab V.pdf Download (93Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (78Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Hasil belajar merupakan salah satu indikator keberhasilan pencapaian tujuan pembelajaran. Rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri Way Tenong dipengaruhi oleh banyak faktor yaitu kurangnya keaktifan siswa serta kurangnya variasi dalam menggunakan model pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran ekonomi. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation digunakan di kelas eksperimen dan model pembelajaran langsung pada kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 274 orang siswa kelas X SMA Negeri 1 Way Tenong pada semester genap tahun pelajaran 2011/2012, dengan sampel sebanyak 64 orang siswa. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan teknik tes. Pengujian hipotesis menggunakan rumus T-test dan rumus N-gain. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh: 1. Berdasarkan pengujian dengan SPSS, diperoleh koefisien Thitung 4,330 dan Ttabel 1,697 dengan Signifikansi sebesar 0.000 < 0.05, dengan demikian berarti ada perbedaan hasil belajar ekonomi siswa melalui model pembelajaran kooperatif type Group Investigation dan model pembelajaran langsung. 2. Berdasarkan pengujian diketahui hasil N-gain kelas eksperimen lebih besar daripada N-gain kelas kontrol yaitu (1.632 > 1.492) dan uji t (kesamaan dua rata-rata) N-gain yaitu thitung > ttabel, dengan demikian Ho diterima yang berarti ada peningkatan hasil belajar ekonomi antara siswa yang diberi model pembelajaran kooperatif tipe group investigaton dengan siswa yang diberi model pembelajaran langsung. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dan Model Pembelajaran Langsung.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Ekonomi IPS |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 05 Dec 2014 02:09 |
Terakhir diubah: | 05 Dec 2014 02:09 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5561 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |