ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION (DI)

FERA MULYA SARI, 0913022007 (2013) ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS MENGGUNAKAN PEER ASSESSMENT PADA PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING DAN DIRECT INSTRUCTION (DI). Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2.ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3.COVER DALAM.pdf

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4.MENYETUJUI.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5.MENGESAHKAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6.SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7.RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
8.MOTTO.pdf

Download (42Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9.PERSEMBAHAN.pdf

Download (133Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10.SANWACANA.pdf

Download (65Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11.DAFTAR ISI.pdf

Download (24Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12.DAFTAR TABEL.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13.DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (345Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (377Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (223Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (59Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penilaian praktikum hanya terbatas pada penilaian hasil tes tertulis dan penilaian laporan kelompok maupun laporan individu. Menanggapi hal tersebut, maka pada penelitian ini dilakukan penilaian pada aspek lain yaitu aspek proses yang berupa aktivitas siswa. Pada penelitian ini menggunakan peer assessment untuk menilai KPS siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) perbedaan KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada pembelajaran DI; (3) interaksi antara pelaku asesmen KPS dengan model pembelajaran. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Sampel penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas XC dan XD sebagai sampel. Desain penelitian ini adalah desain faktorial 2x2. Dari hasil penelitian diperoleh data skor KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada pembelajaran inkuiri terbimbing dan DI. Kemudian data tersebut diolah menggunakan program SPSS 17.0 dengan menggunakan Uji Independent Samples Fera Mulya Sari T-test untuk mengetahui perbedaan KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada masing-masing pembelajaran serta menggunakan Uji Two Way Anova untuk mengetahui interaksi antara pelaku asesmen KPS dengan model pembelajaran. Dari hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat perbedaan KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada pembelajaran inkuiri terbimbing; (2) terdapat perbedaan KPS yang dinilai siswa melalui peer assessment dan guru observer pada pembelajaran DI; (3) tidak terdapat interaksi antara pelaku asesmen KPS dengan model pembelajaran. Kata Kunci: KPS, peer assessment, inkuiri terbimbing, direct instruction.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 08 Dec 2014 08:01
Terakhir diubah: 08 Dec 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5626

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir