PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA (PTK Pada Siswa Kelas X6 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung TP 2010-2011)

Sopian, SITI SAUDAH (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3 E UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PENGUASAAN KONSEP PADA MATERI POKOK HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA (PTK Pada Siswa Kelas X6 SMA Al-Kautsar Bandar Lampung TP 2010-2011). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
cover.pdf - Published Version

Download (23Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (93Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
hal pengesahan.pdf - Published Version

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (118Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (129Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (390Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (201Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
lampiran.zip - Published Version

Download (1362Kb)

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru bidang studi kimia SMA Al-Kautsar Bandar Lampung, diperoleh informasi bahwa rata-rata nilai penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia siswa kelas X5 – X8 Tahun Pelajaran 2009/2010 masih rendah yaitu rata-rata nilai sebesar 59,04, dan siswa yang memperoleh nilai ≥ 71 hanya 42,8%, belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yang ditetapkan sekolah, yaitu 100% siswa mencapai nilai ≥ 71. Aktivitas yang relevan dalam pembelajaran masih rendah, hal ini berpengaruh pada penguasaan konsep siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan untuk meningkatkan akti-vitas dan penguasaan konsep pada materi tersebut adalah model pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E) yang terdiri dari : eksplorasi (exploration) ; fase penjelasan (explaination); dan fase penerapan konsep (elaboration). Siti Saudah Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persentase peningkatan: (1) aktivi-tas belajar, (2) penguasaan konsep, (3) siswa yang mencapai ketuntasan belajar dengan pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E). Data penelitian terdiri dari data hasil kinerja guru dan data aktivitas siswa yaitu aktivitas: mengerjakan LKS, bertanya kepada guru, menjawab pertanyaan dari guru, dan memberi pendapat. Data penguasaan konsep siswa pada materi hukum-hukum dasar kimia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi persentase peningkatan: (1) setiap je-nis aktivitas on task, dari siklus I ke II adalah mengerjakan LKS 13,6%, bertanya kepada guru 11,3%, menjawab pertanyaan dari guru 8%, memberikan pendapat 6,8%, (2) rata-rata penguasaan konsep pada materi hukum-hukum dasar kimia dari siklus I ke II sebesar 8,4%, (3) ketuntasan belajar siswa dari siklus I ke II sebesar 25%. Kata kunci: model pembelajaran Learning Cycle 3 E (LC 3E); aktivitas siswa; penguasaan konsep

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Q Science (General) > Q Science (General)
Q Science (General) > QD Chemistry
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 20 Jan 2014 03:52
Last Modified: 20 Jan 2014 03:52
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/567

Actions (login required)

View Item View Item