PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SD NEGERI 1 PANJANG SELATAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Raslin Marbun, ROSNITA CECILIA MARBUN (2014) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS IVA SD NEGERI 1 PANJANG SELATAN BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (39Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (80Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (153Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (335Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (668Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (9Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini berlatar belakang dari rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IVA SD Negeri 1 Panjang Selatan Bandar Lampung pada pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui penerapan model cooperative learning tipe think pair share pada kelas IVA sebanyak 47 siswa yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 25 siswa perempuan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus. Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik analisis data dalam bentuk analisis kualitatif dan kuantitatif. Data diperoleh melalui observasi dan tes formatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa pada siklus I adalah 52,91% dengan kualifikasi “cukup aktif”, siklus II adalah 63,24% termasuk kualifikasi “aktif”, dan siklus III 77,49% dengan kualifikasi “aktif”. Sementara rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 60,53, siklus II sebesar 69,52, dan siklus III 79,25. Peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I-II, siklus II-III dilakukan uji perbedaan nilai tes formatif dengan analisis uji t-tes didapatkan thitung (siklus I-II) mencapai 15,220 dan thitung (siklus II-III) mencapai 12,474 dengan ttabel sebesar 2,021 dengan ketentuan α = 0,05. Berdasarkan ketentuan tersebut, maka thitung (siklus I-II) = 15,220 > ttabel= 2,021 dan thitung (siklus II-III) = 12,474 > ttabel= 2,021. Kata kunci: think pair share, aktivitas, hasil belajar, pembelajaran matematika.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> QA Mathematics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 20 Jan 2014 05:33
Terakhir diubah: 20 Jan 2014 05:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/575

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir