ROSMAYATI, 1013109139 (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS VI SDN 2 MARGODADI KABUPATEN PESAWARAN TP 2014/2015. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (141Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (86Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (171Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (46Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (71Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (67Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (89Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (81Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (77Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (167Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (256Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (333Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (73Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya aktivitas dan hasil belajar dari KKM yang ditentukan ≥66 siswa yang tuntas 29%. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD di SD Negeri 2 Margodadi Kecamatan Waylima Kabupaten Pesawaran. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, menggunakan lembar observasi siswa, kinerja guru pada proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar menggunakan tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif learning tipe STAD, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS. Hal ini ditunjukan data pada siklus I aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 60%. Sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa dengan skor rata-rata 89,16%. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, dengan nilai 69,33 sedangkan pada siklus II rata-rata hasil belajar siswa dengan nilai 79,33. Kata Kunci: Kooperatif Learning Tipe STAD, Aktivitas, Hasil Belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 2186217 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Dec 2014 06:47 |
Terakhir diubah: | 18 Dec 2014 06:47 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/5845 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |