PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013

Sunardi, Imaniar Zeety Annisa (2014) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN MEMBACA CERITA MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW SISWA KELAS VA SD NEGERI 2 METRO UTARA TAHUN PELAJARAN 2012/2013. FKIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 1.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 2.pdf

Download (74Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Bab 3.pdf

Download (120Kb) | Preview
[img] File PDF
Bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1736Kb)
[img]
Preview
File PDF
Bab 5.pdf

Download (50Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img] Archive
LAMPIRAN.zip

Download (7Mb)

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan keterampilan membaca cerita siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Utara. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca cerita siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Utara melalui penerapan metode survey, question, read, recite, review. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif melalui penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan siklus tindakan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode survey, question, read, recite, review dapat meningkatkan aktivitas dan keterampilan membaca siswa kelas VA SD Negeri 2 Metro Utara. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata persentase aktivitas siswa pada siklus I adalah 66,50% dengan kategori cukup aktif, pada siklus II meningkat menjadi 74,50% kategori aktif, dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 79,13% kategori aktif. Begitu pula dengan rata-rata persentase kinerja guru pada siklus I adalah 63,57 kategori cukup baik, pada siklus II meningkat menjadi 77,15 kategori baik dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 83,22 kategori sangat baik. Sedangkan rata-rata hasil keterampilan membaca siswa pada siklus I sebesar 63,50 dengan kategori cukup terampil, meningkat pada siklus II menjadi 74,00 kategori terampil dan siklus III kembali meningkat menjadi 76,50 dengan kategori terampil. Kata kunci: Aktivitas Siswa, Keterampilan Membaca, Metode SQ3R.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
> P Philology. Linguistics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Pengguna Deposit: Robidin
Date Deposited: 03 Feb 2014 04:02
Terakhir diubah: 03 Feb 2014 04:02
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/627

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir