MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

, EVI FIRGIYANTI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (313Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (352Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1079Kb) | Preview

Abstrak

Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar PKn rendah. Permasalahan penelitian ini apakah rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes hasil formatif dan pengamatan. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil belajar disetiap siklus semakin meningkat, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 92,59% dengan rata-rata nilai 83,33. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru untuk menyiapkan sarana, materi, metode, dan teknik penyajian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PKn agar dapat dikaitkan langsung dengan kenyataan sehingga siswa mampu mempratikkan nilai-nilai yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Pendekatan Kontekstual

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 22 Jan 2014 07:39
Last Modified: 22 Jan 2014 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

View Item View Item