MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG

, EVI FIRGIYANTI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
Cover.pdf - Published Version

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (91Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf - Published Version

Download (183Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf - Published Version

Download (135Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf - Published Version

Download (313Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (352Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf - Published Version

Download (92Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (94Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version

Download (1079Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar PKn rendah. Permasalahan penelitian ini apakah rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes hasil formatif dan pengamatan. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil belajar disetiap siklus semakin meningkat, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 92,59% dengan rata-rata nilai 83,33. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru untuk menyiapkan sarana, materi, metode, dan teknik penyajian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PKn agar dapat dikaitkan langsung dengan kenyataan sehingga siswa mampu mempratikkan nilai-nilai yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Pendekatan Kontekstual

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > BF Psychology
> > BF Psychology

> L Education (General) = Pendidikan
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Pengguna Deposit: UPT Perpustakaan Unila
Date Deposited: 22 Jan 2014 07:39
Terakhir diubah: 22 Jan 2014 07:39
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/631

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir