, EVI FIRGIYANTI (2011) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 KOTA KARANG TELUK BETUNG BARAT BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (183Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (135Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (313Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (352Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (94Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Lampiran.pdf - Published Version Download (1079Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Masalah dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar PKn rendah. Permasalahan penelitian ini apakah rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang Teluk Betung Barat Bandar Lampung. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peningkatan hasil belajar PKn menggunakan pendekatan kontekstual. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 3 (tiga) siklus. Pada setiap siklus meliputi empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kontekstual, yaitu pembelajaran yang mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode tes hasil formatif dan pengamatan. Sedangkan instrumen penelitiannya menggunakan tes tertulis pilihan ganda yang dikerjakan siswa pada akhir pembelajaran. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kuantitatif. Hasil belajar disetiap siklus semakin meningkat, pada siklus III hasil belajar siswa meningkat mencapai 92,59% dengan rata-rata nilai 83,33. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dapat ditingkatkan menggunakan pendekatan kontekstual pada siswa kelas V SD N 3 Kota Karang. Saran yang diajukan peneliti yaitu kepada guru untuk menyiapkan sarana, materi, metode, dan teknik penyajian pendekatan kontekstual dalam pembelajaran PKn agar dapat dikaitkan langsung dengan kenyataan sehingga siswa mampu mempratikkan nilai-nilai yang disampaikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Hasil Belajar PKn, Pendekatan Kontekstual
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 22 Jan 2014 07:39 |
Terakhir diubah: | 22 Jan 2014 07:39 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/631 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |