Nordiansyah putra, 1118011086 (2015) HUBUNGAN TINGKAT STRES AKADEMIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA TAHUN PERTAMA BLOK BASIC SCIENCE 1 FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS LAMPUNG. Fakultas Kedokteran, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRACT.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (59Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (40Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (170Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (110Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (37Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (92Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (61Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (195Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (157Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (42Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (121Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Stres yang paling umum dialami oleh mahasiswa adalah stres akademik. Stres akademik dapat bersumber dari lingkungan belajar, bahan pembelajaran, interaksi dengan teman sebaya, bakat dan kemampuan, dan perilaku belajar. Stres yang sulit di kendalikan oleh mahasiswa dapat memunculkan dampak negatif, baik itu secara emosional, kognitif dan fisiologis. Dampak secara kognitif yaitu penurunan prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat stres akademik terhadap hasil belajar pada mahasiswa tingkat pertama blok basic science 1 (BS 1) Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa angktan 2014 sebanyak 233. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik total sampling sehingga didapatkan 181 sampel yang bersedia ikut dalam penelitian ini dan sisanya 20 masuk ke kriteria ekslusi, 5 mahasiswa tidak mengikuti UAB sehingga tidak bisa ikut dalam penelitian ini, dan 27 mahasiswa tidak bersedia mengikuti penelitian ini . Penelitian ini menggunakan kuisioner Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42) yang telah dimodifikasi oleh Purwati (2012) dengan nilai cronbach alpha (>0,6). Data kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi spearmen. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat korelasi yang sangat lemah dan bermakna antara hubungan tingkat stres akademik terhadap hasil belajar blok basic science 1 dengan nilai p=0,043 (p<0,05) dan nilai r=-0,150. Kata kunci: hasil belajar, kognitif, stres akademik, stres abstrak bahasa inggris ABSTRACT Academic stress is the most common stress experienced by students. Stress academic come from learning environment, learning materials, interaction with peers, talents, abilities and learning behavior. Stress difficult controlled by the student may bring negative impact, whether there are emotional, cognitive and physiological. Cognitive impact will decline learning achievement. The purpose of this study was to determine corellation between the level of academic stress and student achievement in the first year students of basic science 1 block Faculty Of Medicine Lampung University. The research methods was analytic correlative with cross sectional approach. Object in this study were 233 students of batch 2014 class. The result of the study from 233 subject, 181 students were willing to participate in this study and the remaining 25 in to the exclusion criteria, 27 students were not willing to participate. This study used a questionnaire Depression Anxiety Stress Scale 42 (DASS 42) which has been modified by Purwati (2012) with a Cronbach alpha values (>0.6). Data were analyzed with corellation spearman test. The result showed that the correlation of both very weak and significance with p= 0.043 (p <0.05) and the value of r = -0.150. Key word: academic stres, cognitive, student achievement, stress
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > Karya Karya Umum = 000 |
Program Studi: | Fakultas Kedokteran > Prodi Pendidikan Dokter |
Pengguna Deposit: | 3269011 . Digilib |
Date Deposited: | 04 Feb 2015 07:57 |
Terakhir diubah: | 04 Feb 2015 07:57 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/6840 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |