KAJIAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFI DI SMA DENGAN PERINGKAT AKREDITASI YANG BERBEDA

Arina, Yuliawati (2022) KAJIAN KEMAMPUAN BERARGUMENTASI SISWA PADA MATERI POKOK EKOSISTEM MELALUI PENDEKATAN SAINTIFI DI SMA DENGAN PERINGKAT AKREDITASI YANG BERBEDA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
abstrak.pdf

Download (1402Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi full.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (6Mb)
[img]
Preview
File PDF
skripsi full tanpa pembahasan.pdf

Download (5Mb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berargumentasi siswa pada meteri pokok ekosistem melalui pendekatan saintifik di SMA dengan peringkat akreditasi yang berbeda. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan IPA di SMA Negeri 1 Kalirejo dengan peringkat akreditasi A, SMA Muhammadiyah 1 Sendang Agung dengan akreditasi B dan SMA Kesuma Bhakti dengan peringkat akreditasi C pada semester genap tahun ajaran 20210/2022, dengan jumlah populasi yaitu 118 siswa SMAN 1 Kalirejo, 34 siswa SMA Muhammadiyah 1 Sendang Agung dan 30 Siswa SMA Kesuma Bhakti. Sampel dicuplik dengan teknik purposive sampling sehingga diperoleh sampel masingmasing 30 siswa dari tiap sekolah. Desain penelitian yang digunakan adalah desain ex post facto dengan metode survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes kemampuan berargumentasi serta pelaksanaan wawancara terhadap guru mata pelajaran biologi kelas X dan siswa. Data kemampuan berargumentasi dianalisis dengan uji Anova satu jalan dan uji BNT pada taraf signifikansi 5% data wawancara dianalisis secara deskriptif sebagai data pendukung penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berargumentasi yang nyata diantara siswa SMA dengan peringkat akreditasi A, B dan C (sig. <0,05).

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2301551570 . Digilib
Date Deposited: 24 Jan 2023 07:12
Terakhir diubah: 24 Jan 2023 07:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/68449

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir