PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 KEBAGUSAN KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN

Amin, LIS SELASMIATY (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 KEBAGUSAN KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (95Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (29Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (114Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (228Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (170Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (379Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (96Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (2086Kb)

Abstrak

Hasil ulangan para siswa dalam satu kelas pada umumnya berbeda-beda padahal mendapat pengajaran yang sama, dari guru yang sama, dan pada saat yang sama. Hal ini menjadi bukti, bahwa selama ini yang terjadi adalah belajar merupakan proses menyerap pengetahuan dari sumber pelajaran yaitu guru, yang disampaikan kepada siswa melalui ceramah di kelas. Melalui model pembelajaran peer lessons diharapkan dapat menciptakan situasi pengajaran yang menyenangkan serta mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar anak yang optimal. Selain itu, peserta didik bisa mendapatkan pandangan atau wawasan yang luas dalam memecahkan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan dengan menggunakan model pembelajaran peer lessons. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, pada Tahun Ajaran 2011/2012 semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, dengan komposisi 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan : (1) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan hasil yang memuaskan, yang ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan dengan nilai yang memuaskan pada interval nilai 75 – 100, yaitu sebanyak 60,26% di siklus pertama, menurun sedikit menjadi 59,52% di siklus kedua, dan meningkat kembali menjadi 60,49% di siklus ketiga, dan (2) aktivitas siswa pada pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V di SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan persentase siswa aktif dari rata-rata 6,15% siswa sangat aktif di siklus pertama menjadi rata-rata 19,29% siswa sangat aktif di siklus kedua dan rata-rata 24,44% siswa sangat aktif di siklus ketiga. Kata kunci : model pembelajaran peer lessons, aktivitas, dan hasil belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: Fakultas KIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 05:03
Last Modified: 23 Jan 2014 05:03
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item