Amin, LIS SELASMIATY (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEER LESSONS PADA SISWA KELAS V DI SDN 2 KEBAGUSAN KECAMATAN GEDONGTATAAN KABUPATEN PESAWARAN. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (62Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (95Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (30Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (15Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (29Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (114Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (228Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (170Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (379Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (96Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (2086Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Hasil ulangan para siswa dalam satu kelas pada umumnya berbeda-beda padahal mendapat pengajaran yang sama, dari guru yang sama, dan pada saat yang sama. Hal ini menjadi bukti, bahwa selama ini yang terjadi adalah belajar merupakan proses menyerap pengetahuan dari sumber pelajaran yaitu guru, yang disampaikan kepada siswa melalui ceramah di kelas. Melalui model pembelajaran peer lessons diharapkan dapat menciptakan situasi pengajaran yang menyenangkan serta mendukung bagi kelancaran proses belajar dan tercapainya prestasi belajar anak yang optimal. Selain itu, peserta didik bisa mendapatkan pandangan atau wawasan yang luas dalam memecahkan suatu permasalahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar IPA siswa kelas V SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan dengan menggunakan model pembelajaran peer lessons. Subjek penelitian adalah siswa kelas V, pada Tahun Ajaran 2011/2012 semester ganjil dengan jumlah siswa sebanyak 32 orang, dengan komposisi 20 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran peer lesson dapat meningkatkan : (1) prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V di SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan hasil yang memuaskan, yang ditunjukkan dengan pencapaian ketuntasan dengan nilai yang memuaskan pada interval nilai 75 – 100, yaitu sebanyak 60,26% di siklus pertama, menurun sedikit menjadi 59,52% di siklus kedua, dan meningkat kembali menjadi 60,49% di siklus ketiga, dan (2) aktivitas siswa pada pelaksanaan pembelajaran IPA kelas V di SDN 2 Kebagusan Kecamatan Gedongtataan Kabupaten Pesawaran dengan persentase siswa aktif dari rata-rata 6,15% siswa sangat aktif di siklus pertama menjadi rata-rata 19,29% siswa sangat aktif di siklus kedua dan rata-rata 24,44% siswa sangat aktif di siklus ketiga. Kata kunci : model pembelajaran peer lessons, aktivitas, dan hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 23 Jan 2014 05:03 |
Terakhir diubah: | 23 Jan 2014 05:03 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/686 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |