UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SUKADANAHAM BANDARLAMPUNG (Skripsi)

, MIZRUNA (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 1 SUKADANAHAM BANDARLAMPUNG (Skripsi). Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (38Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Menyetujui.pdf - Published Version

Download (13Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf - Published Version

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (110Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (232Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (271Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (84Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (772Kb)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data efektivitas peggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar guna meningkatkan prestasi belajar dalam pembelajaran Tematik (Kesehatan, Mengenal Tumbuhan, Hiburan, Kejadian Sehari-hari, Pekerjaan, Lingkungan dan Pengalaman) pada siswa kelas I SD Negeri 1 Sukadanaham, Bandarlampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Tiap siklus terdiri atas dua kali pertemuan. Pada setiap akhir siklus siswa diberikan tes tentang prestasi belajar dengan pilihan jamak. Nilai tes tersebut dihitung rata-ratanya untuk menetapkan ketercapaian KKM oleh siswa. Selain itu dilakukan juga pengamatan terhadap kegiatan siswa dan guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan nilai siswa kelas I SDN 1 Sukadanaham. Pada siklus I, rata-rata nilai pelajaran IPS adalah 57,62 dengan ketuntasan 37,50%, Matematika adalah 59,15 dengan ketuntasan 46,87%, dan IPA adalah 58,53 dengan ketuntasan 51,8%. Pada siklus II rata-rata nilai pelajaran IPS adalah 60,87 dengan ketuntasan 56,25%, Matematika adalah 63,31 dengan ketuntasan 68,75%, dan IPA adalah 61,46 dengan ketuntasan 62,50%. Pada siklus III rata-rata nilai pelajaran IPS adalah 64,50 dengan ketuntasan 78,12%, Matematika adalah 65,59 dengan ketuntasan 90,62%, dan IPA adalah 65,90 dengan ketuntasan 87,50%. Berdasarkan hasil pengamatan, kegiatan siswa mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 16,5, siklus II adalah 17 dan siklus III menjadi 17,5. Pelaksanaan kegiatan guru juga mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I adalah 24, siklus II adalah 26 dan siklus III menjadi 27,5. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Tematik (IPS, Matematika, dan IPA) pada siswa kelas I SDN 1 Sukadanaham Bandar Lampung, Tahun Pelajaran 2010/2011. Kata kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Tematik, dan Lingkungan sebagai Sumber Belajar.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 23 Jan 2014 08:01
Last Modified: 23 Jan 2014 08:01
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/702

Actions (login required)

View Item View Item