EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023)

Yohana Fransiska, Pramudita Putri (2023) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN COLLABORATIVE PROBLEM SOLVING DITINJAU DARI KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA (Studi pada Siswa Kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023). FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
Abstrak- YohanaFPP.pdf

Download (180Kb) | Preview
[img] File PDF
Skripsi Full_YohanaPPP.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
Skripsi Tanpa Pembahasan_YohanaFPP.pdf

Download (4056Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran collaborative problem solving ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Penelitian ini merupakan quasi experiment, dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP 4 Xaverius Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2022/2023. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dan VIII E dengan berjumlah 56 siswa yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh dari tes kemampuan representasi matematis materi teorema pythagoras. Hasil penelitian ini adalah (1) Rata-rata kemampuan representasi matematis akhir siswa pada pembelajaran collaborative problem solving lebih tinggi daripada rata-rata kemampuan representasi matematis siswa pada pembelajaran konvensional; (2) Proporsi siswa pada pembelajaran collaborative problem solving yang memiliki kemampuan representasi matematis minimal terkategori sedang lebih dari 60%; (3) Model pembelajaran collaborative problem solving efektif ditinjau dari kemampuan representasi matematis siswa. Pada penelitian selanjutnya diperlukan adanya penjabaran tahapan model pembelajaran dalam LKPD agar kegiatan pembelajaran terlaksana dengan runtut dan maksimal. Kata Kunci: collaborative problem solving, efektivitas, kemampuan representasi matematis

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 510 Matematika
600 Teknologi (ilmu terapan) > 607 Pendidikan, riset, topik terkait
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Matematika
Pengguna Deposit: 2301817559 . Digilib
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:12
Terakhir diubah: 09 Jun 2023 04:12
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/71836

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir