Eviliana, 1013079201 (2015) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TYPE JIGSAW BAGI SISWA KELAS V SD NEGERI 2 KRAWANGSARI KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (125Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (136Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (131Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (147Kb) | Preview |
|
|
File PDF
KATA PENGANTAR.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (152Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (144Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf Download (146Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (142Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (91Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (252Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (180Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (328Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (250Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Berdasarkan daftar nilai pada Ujian Akhir Semester Genap di SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan, aktivitas dan hasil belajar IPA Kelas V masih 30% siswa dibawah KKM yang ditentukan yaitu 65, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA menggunakan model cooperative type jigsaw. Metode penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Prosedur penelitian ini berbentuk siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap meliputi, perncanaan , pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan non tes. Pengumpulan data dalam PTK ini menggunakan instrument berupa lembar observasi aktivitas belajar siswa dan lembar observasi kinerja guru dalam proses pembelajaran, sedangkan untuk mengetahui hasil belajar siswa digunakan tes hasil belajar. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative type jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 2 Krawangsari Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan. Hal ini ditunjukkan berdasarkan peningkatan rata-rata aktivitas siswa pada siklus I (62%) menjadi (70%) pada siklus II, sedangkan peningkatan rata-rata kinerja guru pada siklus I (44) menjadi (74) pada siklus II. Nilai rata-rata hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I (62) menjadi (69) pada siklus II. Kata kunci : cooperative type jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) |
Pengguna Deposit: | 0673167 . Digilib |
Date Deposited: | 24 Feb 2015 03:42 |
Terakhir diubah: | 24 Feb 2015 03:42 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7275 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |