PENGEMBANGAN RUBRIK ASSESMEN OTENTIK ASPEK AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER

Hanif Mutiara , 0853022023 (2015) PENGEMBANGAN RUBRIK ASSESMEN OTENTIK ASPEK AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (25Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (4Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (158Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (20Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (199Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (48Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (218Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (114Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (292Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (64Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Faktor pengukuran dan penilaian memegang peranan penting dalam suatu sistem pembelajaran. Berdasarkan hasil survei 25 guru fisika di Bandar Lampung di SMAN 10 Bandar Lampung terkait perlunya rubrik asesmen otentik aspek afektif diperoleh data, 62,4% guru menjawab perlu, 32,8% guru menjawab sangat perlu, 4,8% guru menjawab kurang perlu dan 0% menjawab tidak perlu dan sangat tidak perlu. Maka penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan rubrik asesmen otentik aspek afektif pada pembelajaran Fisika SMA bermuatan pendidikan karakter dan perlunya penerapan di sekolah-sekolah sebagai acuan dalam sistem penilaian dan evaluasi pembelajaran. Pengembangan tersebut mengadaptasi dari prosedur pengembangan Potter yang meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk 1, dan uji lapangan. Pada tahap uji lapangan dibagi kembali menjadi uji lapangan tahap 1 (uji kelayakan rubrik oleh guru), revisi produk 2, uji lapangan tahap 2 yang merupakan uji keefektifan rubrik, dimana produk 3 digunakan untuk melakukan penilaian oleh guru yang selanjutnya guru mengisi instrumen keefektifan rubrik. Hasil validasi ahli mengungkapkan bahwa perbaikan yang perlu dilakukan pada produk 1 terletak pada senarai, gradasi mutu dan isi . Hasil uji lapangan tahap 1 mengungkapkan bahwa perbaikan yang perlu dilakukan pada produk 4 terletak pada senarai, gradasi mutu, penyajian, isi, dan komponen tata bahasa. Hasil uji lapangan tahap 2 mengungkapkan bahwa terdapat 100% siswa yang mampu mencapai aspek afektif dengan memunculkan semua indikator aspek afektif serta poin 3,57 (sangat baik) untuk keefektifan rubrik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa telah dihasilkan rubrik asesmen otentik aspek afektif pada pembelajaran Fisika SMA bermuatan pendidikan karakter. Kata kunci: Aspek Afektif, Pendidikan Karakter, Pengembangan, Rubrik Asesmen Otentik.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
> QC Physics
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Fisika
Pengguna Deposit: 5959758 . Digilib
Date Deposited: 03 Mar 2015 07:31
Terakhir diubah: 03 Mar 2015 07:31
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7584

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir