Hanif Mutiara , 0853022023 (2015) PENGEMBANGAN RUBRIK ASSESMEN OTENTIK ASPEK AFEKTIF PADA PEMBELAJARAN FISIKA SMA BERMUATAN PENDIDIKAN KARAKTER. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (78Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER LUAR.pdf Download (25Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (4Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (158Kb) | Preview |
|
|
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (163Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (20Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERNYATAAN.pdf Download (88Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (199Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (6Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (58Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (48Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (102Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (218Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (114Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (292Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (43Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (64Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Faktor pengukuran dan penilaian memegang peranan penting dalam suatu sistem pembelajaran. Berdasarkan hasil survei 25 guru fisika di Bandar Lampung di SMAN 10 Bandar Lampung terkait perlunya rubrik asesmen otentik aspek afektif diperoleh data, 62,4% guru menjawab perlu, 32,8% guru menjawab sangat perlu, 4,8% guru menjawab kurang perlu dan 0% menjawab tidak perlu dan sangat tidak perlu. Maka penelitian pengembangan bertujuan untuk mengembangkan rubrik asesmen otentik aspek afektif pada pembelajaran Fisika SMA bermuatan pendidikan karakter dan perlunya penerapan di sekolah-sekolah sebagai acuan dalam sistem penilaian dan evaluasi pembelajaran. Pengembangan tersebut mengadaptasi dari prosedur pengembangan Potter yang meliputi analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli, revisi produk 1, dan uji lapangan. Pada tahap uji lapangan dibagi kembali menjadi uji lapangan tahap 1 (uji kelayakan rubrik oleh guru), revisi produk 2, uji lapangan tahap 2 yang merupakan uji keefektifan rubrik, dimana produk 3 digunakan untuk melakukan penilaian oleh guru yang selanjutnya guru mengisi instrumen keefektifan rubrik. Hasil validasi ahli mengungkapkan bahwa perbaikan yang perlu dilakukan pada produk 1 terletak pada senarai, gradasi mutu dan isi . Hasil uji lapangan tahap 1 mengungkapkan bahwa perbaikan yang perlu dilakukan pada produk 4 terletak pada senarai, gradasi mutu, penyajian, isi, dan komponen tata bahasa. Hasil uji lapangan tahap 2 mengungkapkan bahwa terdapat 100% siswa yang mampu mencapai aspek afektif dengan memunculkan semua indikator aspek afektif serta poin 3,57 (sangat baik) untuk keefektifan rubrik. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa telah dihasilkan rubrik asesmen otentik aspek afektif pada pembelajaran Fisika SMA bermuatan pendidikan karakter. Kata kunci: Aspek Afektif, Pendidikan Karakter, Pengembangan, Rubrik Asesmen Otentik.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools > QC Physics |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Fisika |
Pengguna Deposit: | 5959758 . Digilib |
Date Deposited: | 03 Mar 2015 07:31 |
Terakhir diubah: | 03 Mar 2015 07:31 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7584 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |