STUDI KASUS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI ANAK PENYANDANG MASALAH SOSIAL

Inayatullah Wijayanti, 1223031021 (2014) STUDI KASUS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL BAGI ANAK PENYANDANG MASALAH SOSIAL. Masters thesis, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (40Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (33Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (62Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (67Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (35Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (76Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (58Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (115Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (165Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (276Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (46Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (77Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk : untuk mengetahui bagaimana pembelajaran IPS dilaksanakan pada sekolah yang siswanya menyandang permasalahan sosial. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh : 1) Pembelajaran IPS dijalankan pada sekolah yang memiliki persoalan sosial pada siswanya seperti di Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam ini, ternyata tidak maksimal. Kendala keterbatasan sarana dan prasarana menjadi faktor utama. Pembelajaran IPS berlangsung hanya tergantung kepada LKS buatan penerbit. Akibatnya kurikulum bukan merupakan acuan utama, akan tetapi kebersediaan guru mengajar menjadi faktor kunci. 2) Kekhasan pembelajaran IPS yang dlaksanakan pada Sekolah yang siswanya memiliki permasalahan sosial, ialah pada proses pembelajaran. Dominasi guru sangat tinggi, dan siswa tidak banyak menunjukkan kreasi. Hal ini disebabkan, di samping faktor keterbatasan seperti point pertama, juga disebabkan oleh jam belajar yang tergantung dengan kesiapan murid menerima pelajaran. Pada waktu-waktu tertentu ternyata siswa justru memaksa guru untuk tidak melaksanakan pembelajaran, karena ada kegiatan lain ditempat lembaga lain. 3) Gambaran siswa dan guru dalam pembelajaran IPS yang dilaksanakan pada sekolah yang memiliki siswa menyandang masalah sosial. Ternyata materi IPS tidak menyentuh aspek pembentukan nilai-nilai kebangsaan. Instrumen pembelajaran seperti upacara bendera tidak pernah dilaksanakan. Hal ini terjadi karena lembaga pendidikan tidak menyediakan ruang dan waktu agar proses pembelajaran ini berlangsung. Kesimpulan pada penelitian ini: 1) Pembelajaran IPS pada sekolah ini tidak maksimal. Keterbatasan sarana dan prasarana menjadi faktor utama. 2) Kekhasan pembelajaran di sekolah ini adalah guru lebih banyak menggunakan LKS karangan penerbit sebagai bahan ajar. Kata Kunci : Pembelajaran IPS, Siswa Madrasah Tsanawiyah Nurul Islam, masalah sosial Abstract This study aims to: to determine how learning social studies conducted in schools whose students bear the social problems. This type of research is qualitative ethnographic approach. Based on the results obtained: 1) Learning Social Studies run at schools with social problems in their students in Madrasyah Tsanawiyah Nurul Islam, it was not optimal. Lack of adequate facilities and infrastructure becomes a major factor. Social learning takes place only dependent on artificial student worksheet publisher. As a result, the curriculum is not a main reference, but the willingness of teachers to teach a key factor. 2) The specificity of the implemented learning social studies in schools whose students have social problems, is in the process of learning. The dominance of teachers is very high, and many students do not show creations. This is due, in addition to factors such as the limitations of the first point, also caused by hours of learning that depend on the readiness of the students receive lessons. At certain times it turns out students actually forcing teachers to not implement learning, because there are other activities in place of other institutions. 3) Description of the students and teachers in teaching social studies conducted in schools that have students bear the social problems. It turned out not to touch the Social Studies material aspects of the formation of national values. Learning instruments such as flag ceremonies, extracurricular activities, were never implemented. This happens because the institution does not provide space and time for the learning process is underway. Conclusion on this research: 1)Social Studies Learn in this school is not maximum. Limitedness of means and infrastructure has become main factor. 2) Characteristics learning in this school is teacher used to utilize a student worksheet from publisher as material teaching. Keywords: Learning social studies, student in Madrasyah Nurul Islam, and social problems.

Jenis Karya Akhir: Tesis (Masters)
Subyek: > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
> L Education (General) = Pendidikan
Program Studi: FKIP > Prodi Magister Pendidikan IPS
Pengguna Deposit: 0728366 . Digilib
Date Deposited: 12 Mar 2015 07:40
Terakhir diubah: 12 Mar 2015 07:40
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7668

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir