PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG

Sri Wahyuningsih, 1013024063 (2015) PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (122Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (116Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (127Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (12Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (44Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (119Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (66Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (26Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (802Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (14Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas V yang mengajar IPA pada SD Negeri yang berjumlah 6 orang. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme serta pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian pembelajaran IPA dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme yang dilaksanakan oleh guru kelas V pada SD Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung yaitu memiliki kategori sedang dengan presentasi skor rata-rata 51,84% dengan rincian skor rata-rata pada kegiatan pendahuluan yaitu 16,66% dengan kategori rendah, pada kegiatan inti tahap eksplorasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 83,33% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap elaborasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 83,33% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap konfirmasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 48,14% dengan kategori sedang, serta pada kegiatan penutup skor rata-rata yang diperoleh yaitu 27,77% dengan kategori rendah. Selanjutnya kesesuaian pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik memiliki kategori rendah dengan presentasi skor rata-rata 23,33% dengan rincian yang terdiri dari 6 guru aspek mengamati hanya dilaksanakan oleh 4 guru (66,67%), aspek menanya dan mengumpulkan informasi tidak dilaksanakan oleh seluruh guru (0%), aspek mengasosiasikan hanya dilaksanakan oleh 1 guru (16,67%) serta aspek mengkomunikasikan hanya dilaksanakan oleh 2 guru (33,33%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berdasarkan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme dan pendekatan saintifik di SD Negeri se-kecamatan Rajabasa berkategori sedang. Kata kunci: Profil guru, Pembelajaran IPA, Standar proses, Pembelajaran konstruktivisme, Pendekatan saintifik

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > LB Theory and practice of education
> LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 1401565 . Digilib
Date Deposited: 18 Mar 2015 07:28
Terakhir diubah: 18 Mar 2015 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7703

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir