Sri Wahyuningsih, 1013024063 (2015) PROFIL GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA PADA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KECAMATAN RAJABASA BANDAR LAMPUNG. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
|
File PDF
ABSTRAK.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
COVER DALAM.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (122Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (116Kb) | Preview |
|
|
File PDF
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (127Kb) | Preview |
|
|
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (12Kb) | Preview |
|
|
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
MOTO.pdf Download (119Kb) | Preview |
|
|
File PDF
SANWACANA.pdf Download (10Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR ISI.pdf Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf Download (5Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf Download (34Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf Download (66Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf Download (26Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (802Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf Download (14Kb) | Preview |
|
|
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (17Kb) | Preview |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil guru dalam pembelajaran IPA pada kelas V Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik purposive sampling, sehingga sampel yang diperoleh adalah guru kelas V yang mengajar IPA pada SD Negeri yang berjumlah 6 orang. Data kualitatif diperoleh dari lembar observasi kegiatan pembelajaran kemudian dianalisis secara deskriptif dan dibandingkan dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme serta pendekatan saintifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesesuaian pembelajaran IPA dengan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme yang dilaksanakan oleh guru kelas V pada SD Negeri di Kecamatan Rajabasa Bandar Lampung yaitu memiliki kategori sedang dengan presentasi skor rata-rata 51,84% dengan rincian skor rata-rata pada kegiatan pendahuluan yaitu 16,66% dengan kategori rendah, pada kegiatan inti tahap eksplorasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 83,33% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap elaborasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 83,33% dengan kategori sangat tinggi, pada tahap konfirmasi skor rata-rata yang diperoleh yaitu 48,14% dengan kategori sedang, serta pada kegiatan penutup skor rata-rata yang diperoleh yaitu 27,77% dengan kategori rendah. Selanjutnya kesesuaian pembelajaran IPA dengan pendekatan saintifik memiliki kategori rendah dengan presentasi skor rata-rata 23,33% dengan rincian yang terdiri dari 6 guru aspek mengamati hanya dilaksanakan oleh 4 guru (66,67%), aspek menanya dan mengumpulkan informasi tidak dilaksanakan oleh seluruh guru (0%), aspek mengasosiasikan hanya dilaksanakan oleh 1 guru (16,67%) serta aspek mengkomunikasikan hanya dilaksanakan oleh 2 guru (33,33%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran IPA berdasarkan standar proses yang menerapkan pembelajaran konstruktivisme dan pendekatan saintifik di SD Negeri se-kecamatan Rajabasa berkategori sedang. Kata kunci: Profil guru, Pembelajaran IPA, Standar proses, Pembelajaran konstruktivisme, Pendekatan saintifik
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > LB Theory and practice of education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Pendidikan Biologi |
Pengguna Deposit: | 1401565 . Digilib |
Date Deposited: | 18 Mar 2015 07:28 |
Terakhir diubah: | 18 Mar 2015 07:28 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7703 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |