ANALISIS PENGARUH KUALITAS OBYEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Penelitian Pada Kawasan Obyek Wisata Unggulan Berdasarkan Program Promosi Visit Lampung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung)

0711011020, Muhammad Ardiansyah Lastianur (2013) ANALISIS PENGARUH KUALITAS OBYEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Penelitian Pada Kawasan Obyek Wisata Unggulan Berdasarkan Program Promosi Visit Lampung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung). UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (86Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (290Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II.pdf

Download (301Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (340Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (536Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (102Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER SKRIPSI.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (140Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (15Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (235Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN 1 - KUESIONER.pdf

Download (233Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN 4 - Frekuensi.pdf

Download (281Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN 236 - SPSS.pdf

Download (197Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN 789.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
LAMPIRAN 789.pdf

Download (132Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTTO.pdf

Download (59Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (163Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SURAT PERNYATAAN.pdf

Download (8Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK ANALISIS PENGARUH KUALITAS OBYEK WISATA TERHADAP KEPUASAN WISATAWAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP LOYALITAS WISATAWAN (Studi Penelitian Pada Kawasan Obyek Wisata Unggulan Berdasarkan Program Promosi Visit Lampung Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung) Oleh MUHAMMAD ARDIANSYAH LASTIANUR Peluang dan tantangan atas permintaan wisatawan yang semakin meningkat terhadap kualitas obyek wisata membuat pemerintah dan pengelola pariwisata harus tanggap dalam memerhatikan kualitas obyek wisata seperti apa yang berpengaruh dalam memberikan kepuasan wisatawan. Literatur pariwisata menyebutkan variabel kualitas obyek wisata yang berdampak terhadap kepuasan wisatawan antara lain Atraksi, Fasilitas dan Pelayanan, Aksesibilitas, Citra Obyek Wisata, dan Harga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas obyek wisata tersebut terhadap kepuasan wisatawan, serta implikasinya terhadap loyalitas wisatawan. Penelitian ini mengkhususkan kajian tentang wisatawan pada kawasan wisata unggulan provinsi Lampung berdasarkan program Visit Lampung Year Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Lampung, yaitu Anak Gunung Krakatau, Tanjung Setia, Teluk Kiluan, Taman Nasional Way Kambas, dan Taman Nasional Bukit Barisan Selatan. Penyebaran kuesioner dilakukan dengan teknik Alokasi Proporsional berdasarkan perhitungan jumlah wisatawan di setiap obyek wisata, dengan metode Purposive Sampling yang mengkhususkan pada wisatawan yang sedang atau sudah pernah berkunjung ke kawasan obyek wisata unggulan provinsi Lampung dalam kurun waktu 2 tahun terakhir. Hasil penelitian menyebutkan bahwa variabel Atraksi, Fasilitas dan Pelayanan, Aksesibilitas, Citra Obyek Wisata, dan Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan wisatawan dengan nilai koefisien regresi berganda tertinggi terdapat pada variabel Aksesibilitas yaitu 0.453 dan terendah 0.150 pada Harga. Lebih lanjut, variabel kepuasan wisatawan juga positif dan signifikan memiliki implikasi terhadap loyalitas wisatawan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0.594. Hasil uji parsial (Uji T) dan uji simultan (Uji F) pada variabel kepuasan dan loyalitas pun bernilai 0.000 yang berarti bernilai signifikan baik, dengan koefisien determinasi (Adjusted R 2 ) sebesar 0.891 pada kepuasan wisatawan dan 0.353 pada loyalitas wisatawan, yang artinya variabel kualitas obyek wisata berpengaruhi 89% terhadap kepuasan wisatawan dan variabel kepuasan wisatawan berpengaruh 35% terhadap loyalitas wisatawan. Peningkatan indikator kualitas obyek wisata berupa aksesibilitas akan memberikan dampak paling besar terhadap kepuasan wisatawan berupa ketersediaan jalan dan kualitas jalan menuju obyek wisata, serta perbaikan dan peningkatan terhadap keberadaan transportasi umum dan petunjuk jalan pada kawasan obyek wisata unggulan provinsi Lampung. ABSTRACT THE IMPACT OF TOURISM DESTINATION QUALITY FOR TOURIST SATISFACTION AND ITS IMPLICATION TO LOYALTY (Studies Research Featured in The Top Tourism Destination Based From Visit Lampung Year Program of Culture And Tourism Office of Lampung Province) By MUHAMMAD ARDIANSYAH LASTIANUR The increasing of tourist demand to the quality of tourism destination makes the government and tourism organization must respond with a good awarness to notice what quality should be exist that effect the tourist satisfaction. The literature mentions the variables which have an impact on tourist satisfaction are Attraction, Facilities and Services, Accessibility, Image of Destination, and Price. The aimed of this research is to determine the effect of the tourism quality for tourist satisfaction, and its implication to tourist loyalty. This research focus on the top tourism destinations based from Visit Lampung Program of Culture and Tourism Office of Lampung Province. They are Krakatoa Mountain, Tanjung Setia, Kiluan Bay, Way Kambas National Park, and Bukit Barisan Selatan National Park. The distribution of questionnaires was done by using proportional allocation based on calculating the number of tourists in every place, and purposive sampling method which specializes the characteristic for tourists who have ever been to the area of research within the last 2 years. The result of study says that Attractions, Facilities and Services, Accessibility, Image of Destination, and Price have positive and significant impacted tourist satisfaction with the highest regression coefficient values is 0,453 at Accessibility variable, and the lowest is 0,150 at Price variable. Furthermore, tourist satisfaction is also positive and significant have implicated tourist loyalty with regression coefficient value at 0,594. Partial and simultaneous test results on the satisfaction and loyalty was exactly 0,000 which means very good significant, with a coefficient of determination is 0,891 for tourist satisfaction and 0,353 for tourist loyalty. It describes the destination quality affects 89% of tourist satisfaction and tourist satisfaction affects 35% of tourist loyalty. Improving the quality of accessibility will provide the greatest impact on satisfaction ratings in the form of availability and quality of road, as well as repairs and improvements to the existence of public transportation and directions in tourist destination.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Prodi S1-Manajemen
Pengguna Deposit: IC-STAR . 2015
Date Deposited: 06 Apr 2015 03:58
Terakhir diubah: 20 Oct 2015 07:28
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/7783

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir