PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 HARAPAN REJO KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011

, SUGITO (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 HARAPAN REJO KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.

[img]
Preview
Text
1. Sampul luar, sampul dalam.pdf - Published Version

Download (64Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf - Published Version

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
mengesahkan.pdf - Published Version

Download (79Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
menyetujui.pdf - Published Version

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (18Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (209Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (121Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (107Kb) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (460Kb)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (117Kb) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (7Kb) | Preview
[img] Archive
PDF.zip - Published Version

Download (1547Kb)

Abstrak

Penelitian ini bermula dari hasil observasi pra peneliti terhadap hasil ujian semester ganjil 2010/2011 di SDN 2 Harapan Rejo yang dalam kenyataannya nilai mata pelajaran Matematika hasilnya masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe stad. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau dikenal dengan classroom action research. Penelitian tindakan kelas terdiri dari beberapa siklus, dan pada setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas belajar siswa yaitu, beberapa siswa yang semula mengganggu teman dan bermain pada siklus I, tidak lagi terjadi pada siklus II. Aktivitas siswa yang diinginkan (on task) mengalami peningkatan dari sedang menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rerata kelas yaitu dari 70,95 menjadi 89,52. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, cooperative learning.

Tipe Karya Ilmiah: Skripsi
Subyek: Agama > BF Psychology
Hukum Pidana > Agama > BF Psychology

L Education > L Education (General) = Pendidikan
L Education > LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Farid Hambali Prihantoro, A.Md.
Date Deposited: 29 Jan 2014 04:08
Last Modified: 29 Jan 2014 04:08
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/807

Actions (login required)

View Item View Item