, SUGITO (2011) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 2 HARAPAN REJO KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH TAHUN PELAJARAN 2010/2011. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
1. Sampul luar, sampul dalam.pdf - Published Version Download (64Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (9Kb) | Preview |
|
|
File PDF
mengesahkan.pdf - Published Version Download (79Kb) | Preview |
|
|
File PDF
menyetujui.pdf - Published Version Download (8Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (18Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (209Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (121Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III.pdf - Published Version Download (107Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (460Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (117Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (7Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1547Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bermula dari hasil observasi pra peneliti terhadap hasil ujian semester ganjil 2010/2011 di SDN 2 Harapan Rejo yang dalam kenyataannya nilai mata pelajaran Matematika hasilnya masih banyak dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Matematika dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe stad. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau dikenal dengan classroom action research. Penelitian tindakan kelas terdiri dari beberapa siklus, dan pada setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes hasil belajar. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan lembar tes. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 21 orang. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe stad dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Matematika. Hal ini dapat dilihat dari perubahan yang berkelanjutan dalam aspek-aspek aktivitas belajar siswa yaitu, beberapa siswa yang semula mengganggu teman dan bermain pada siklus I, tidak lagi terjadi pada siklus II. Aktivitas siswa yang diinginkan (on task) mengalami peningkatan dari sedang menjadi sangat baik. Sedangkan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan rerata kelas yaitu dari 70,95 menjadi 89,52. Hal ini menggambarkan bahwa pembelajaran Matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kata kunci : aktivitas, hasil belajar, cooperative learning.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 29 Jan 2014 04:08 |
Terakhir diubah: | 29 Jan 2014 04:08 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/807 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |