PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG UTARA

SHERLY , FADHILA (2024) PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBASIS STEM TERHADAP KETERAMPILAN ARGUMENTASI PESERTA DIDIK PADA MATERI POKOK SISTEM PERNAPASAN MANUSIA DI MTS NEGERI 2 LAMPUNG UTARA. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK_SHERLY FADHILA_FKIP PENDIDIKAN BIOLOGI - Sherly Fadhila.pdf

Download (249Kb) | Preview
[img] File PDF
SKRIPSI TANPA LAMPIRAN_SHERLY FADHILA_ FKIP PENDIDIKAN BIOLOGI - Sherly Fadhila.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
SKRIPSI TANPA BAB PEMBAHASAN_ SHERLY FADHILA_FKIP PENDIDIKAN BIOLOGI - Sherly Fadhila.pdf

Download (1720Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui signifikansi pengaruh model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) berbasis STEM terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada materi pokok Sistem Pernapasan Manusia di MTs Negeri 2 Lampung Utara. Penelitian ini Quasy Eksperimental (Eksperimen semu) dengan desain Pretest-Posttest Non Ekuivalen Control Group. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII yang berjumlah 66 orang dicuplik dari populasi berjumlah 167 orang menggunakan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif berupa hasil tes keterampilan argumentasi dan data kualitatif berupa data keterlaksanaan sintaks pembelajaran terhadap ADI-STEM dan model Discovery Learning serta data tanggapan peserta didik terhadap model ADI-STEM. Data kuantitatif dianalisis menggunakan uji independent sample t- test dan data tanggapan peserta didik terhadap model ADI-STEM menggunakan angket dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan nilai N-Gain yang signifikan (P˂0,05) sehingga keterampilan argumentasi peserta didik melalui model pembelajaran ADI-STEM lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Discovery learning. Keterampilan argumentasi tertinggi pada kelas eksperimen adalah indikator claim (N-Gain 0,76) dengan kategori tinggi, sedangkan terendah adalah backing (N-Gain 0,29). Sementara kelas kontrol kemampuan keterampilan argumentasi peserta didik pada indikator claim tergolong kategori sedang, indikator ground, warrant, dan backing tergolong kategori rendah. Berdasarkan perolehan hasil angket tanggapan peserta didik diperoleh persentase 82,50% menunjukkan bahwa model ADI-STEM sangat baik untuk meningkatkan keterampilan argumentasi peserta didik. Kata kunci: Keterampilan Argumentasi, Model Argument-Driven Inquiry berbasis STEM, Sistem Pernapasan Manusia.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 300 Ilmu sosial > 370 Pendidikan
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: A.Md Cahya Anima Putra .
Date Deposited: 06 Feb 2025 03:56
Terakhir diubah: 06 Feb 2025 03:56
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/82338

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir