Hasyim, UMAINAH (2011) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS V SDN 1 KEDAMAIAN BANDAR LAMPUNG. Fakultas KIP, Universitas Lampung.
|
File PDF
Cover.pdf - Published Version Download (44Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Abstrak.pdf - Published Version Download (164Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pengesahan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Pernyataan.pdf - Published Version Download (83Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Menyetujui.pdf - Published Version Download (82Kb) | Preview |
|
|
File PDF
Daftar Isi.pdf - Published Version Download (97Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB I.pdf - Published Version Download (186Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB II.pdf - Published Version Download (225Kb) | Preview |
|
|
File PDF
BAB III Terbaru.pdf - Published Version Download (277Kb) | Preview |
|
File PDF
BAB IV terbaru.pdf - Published Version Restricted to Hanya pengguna terdaftar Download (312Kb) |
||
|
File PDF
BAB V.pdf - Published Version Download (12Kb) | Preview |
|
Archive
PDF.zip - Published Version Download (1534Kb) |
Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses dan seberapa efektif dapat diterapkan dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas V SDN 1 Kedamaian Bandar Lampung. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari dua kali pertemuan serta empat tahap tindakan, yaitu: perencanaan (planning), implementasi (tindakan), observasi (pengamatan) dan refleksi. Pada akhir setiap siklus diadakan tes tertulis dalam bentuk isian singkat untuk mengukur pemahaman siswa terhadap pengetahuan yang sudah diterapkan dengan metode eksperimen dan mengetahui pencapaian ketuntasan siswa. Hasil penelitian pada siklus 1 adalah nilai rata-rata aspek kognitif siswa mencapai 73 dengan ketuntasan 16%. Pada siklus 2 nilai rata-rata aspek kognitif siswa 79 dengan ketuntasan 58%. Pada siklus 3 rata-rata nilai aspek kognitif siswa meningkat 87 dengan ketuntasan 98%. Penguasaan keterampilan proses siswa pada siklus 1 adalah 9,68%, siklus 2 meningkat menjadi 77,42%, dan siklus 3 menjadi 100%. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa metode eksperimen mata pelajaran IPA, dapat meningkatkan keterampilam proses dan cukup efektif diterapkan pada siswa kelas V SDN 1 Kedamaian Bandar Lampung’ Kata Kunci : Keterampilan Proses, Metode Eksperimen, dan Pembelajaran IPA.
Jenis Karya Akhir: | Skripsi |
---|---|
Subyek: | > BF Psychology > > BF Psychology > L Education (General) = Pendidikan > LB Theory and practice of education |
Program Studi: | FKIP > Prodi Bimbingan dan Konseling |
Pengguna Deposit: | UPT Perpustakaan Unila |
Date Deposited: | 30 Jan 2014 07:01 |
Terakhir diubah: | 30 Jan 2014 07:01 |
URI: | http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/846 |
Actions (login required)
Lihat Karya Akhir |