PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM

FRANCISCA SHANTI, ANGGRAINI (2025) PENGARUH MODEL ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY (ADI) BERBANTUAN PHET SIMULATION TERHADAP KEMAMPUAN COMPUTATIONAL THINKING PESERTA DIDIK KELAS VII PADA MATERI PERUBAHAN IKLIM. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN, UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
abstrak_frans.pdf

Download (378Kb) | Preview
[img] File PDF
skripsi full tanpa lampiran_frans.pdf
Restricted to Hanya staf

Download (4Mb) | Minta salinan
[img]
Preview
File PDF
skripsi full tanpa lampiran dan bab 4_frans_.pdf

Download (1563Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Argument-Driven Inquiry (ADI) berbantuan PhET Simulation terhadap kemampuan computational thinking peserta didik pada materi pokok Perubahan Iklim dan tanggapan peserta didik mengenai model ADI berbantuan PhET simulation. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas VII SMPN 28 Bandar Lampung semester genap tahun ajaran 2024/2025. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C sebagai kelas kontrol dan kelas VII A sebagai kelas eksperimen dengan masing-masing berjumlah 32 peserta didik yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data kuantitatif diperoleh melalui tes dan dianalisis menggunakan Independent sample t-test, sedangkan data kualitatif diperoleh dari angket tanggapan dan dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai N-Gain (P>0,05) antara kelas yang menggunakan model ADI berbantuan PhET Simulation dengan model Discovery Learning terhadap kemampuan computational thinking peserta didik. Indikator tertinggi di kedua kelas adalah abstraksi, dengan N-Gain 0,68 (eksperimen) dan 0,66 (kontrol); indikator terendah adalah algoritma dengan N-Gain 0,31 (eksperimen) dan 0,16 (kontrol). Berdasarkan hasil angket tanggapan peserta didik, didapatkan rata-rata persentase 87,22% yang menunjukkan bahwa model ADI berbantuan PhET Simulation phET Simulation baik digunakan untuk meningkatkan kemampuan computational thinking peserta didik. Kata kunci: Argument-Driven Inquiry (ADI) Berbantuan PhET Simulation, Kemampuan Computational Thinking, Perubahan Iklim

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: 500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 507 Pendidikan, penelitian, topik terkait ilmu pengetahuan alam
500 ilmu pengetahuan alam dan matematika > 570 Biologi
Program Studi: FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN (FKIP) > Prodi S1 Pendidikan Biologi
Pengguna Deposit: 2506877777 Digilib
Date Deposited: 25 Jun 2025 02:18
Terakhir diubah: 25 Jun 2025 02:18
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/89531

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir