EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA

0853023053, Sulis Setyowati (2012) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 3E PADA MATERI REAKSI OKSIDASI-REDUKSI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGELOMPOKKAN DAN PENGUASAAN KONSEP PADA SISWA. UNSPECIFIED.

[img]
Preview
File PDF
1. COVER.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
2. ABSTRAK.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
3. COVER DALAM.pdf

Download (16Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
4. Persetujuan.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
5. MENGESAHKAN.pdf

Download (5Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
6. PERNYATAAN.pdf

Download (11Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
7. RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (6Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
9. PERSEMBAHAN.pdf

Download (34Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
10. MOTTO.pdf

Download (41Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
11. SANWACANA.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
12. Daftar Isi.pdf

Download (10Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
13. Daftar Tabel.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab i.pdf

Download (36Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab ii.pdf

Download (43Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
bab iii.pdf

Download (78Kb) | Preview
[img] File PDF
bab iv.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (161Kb)
[img]
Preview
File PDF
bab v.pdf

Download (8Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

Efektivitas pembelajaran merupakan suatu ukuran yang berhubungan dengan ting- kat keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Pembelajaran dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar siswa apabila secara statistik hasil belajar siswa me- nunjukan perbedaan yang signifikan antara pemahaman awal dengan pemahaman setelah pembelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran learning cycle 3E dalam meningkatkan keterampilan mengelom- pokkan dan penguansaan konsep melalui reaksi oksidasi-reduksi. Model pembe- lajaran learning cycle 3E terdiri dari 3 fase yaitu fase eksplorasi (exploration), fase penjelasan konsep (explaination)dan Fase penerapan konsep (elaboration). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMAN 1 Gadingrejo kelas X semester Genap Tahun Ajaran 2011-2012 yang memiliki karakteristik hampir sama. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata n-Gain keterampilan mengelompokkan untuk kelas kontrol dan eksperimen masing-masing 0,52 dan 0,77 dan rata-rata n-Gain penguasaan konsep untuk kelas 2 dan X 4 kontrol dan eksperimen masing-masing 0.37 dan 0,42. Berdasarkan uji hipotesis, diketahui bahwa kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki kete- rampilan mengelompokkan yang lebih tinggi dibandingkan kelas dengan pembe- lajaran konvensional, dan kelas dengan pembelajaran Learning Cycle 3E memiliki penguasaan konsep yang lebih rendah dibandingkan kelas dengan pembelajaran konvensional. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran Learning Cycle 3E efektif dalam meningkat-kan keterampilan mengelompokkan tetapi kurang efektif dalam penguasaan konsep. Kata kunci: Learning Cycle 3E, keterampilan mengelompokkan dan penguasaan konsep

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek:
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Kimia
Pengguna Deposit: UPT . Meda Sulistiana
Date Deposited: 28 Apr 2015 02:00
Terakhir diubah: 19 Oct 2015 07:17
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/8977

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir