PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MEDIA PRESENTASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013-2014

Andi Setiawan, 0913034027 (2015) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR MENGGUNAKAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF DAN MEDIA PRESENTASI PADA SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 BATANGHARI KABUPATEN LAMPUNG TIMUR TAHUN PELAJARAN 2013-2014. FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN , UNIVERSITAS LAMPUNG.

[img]
Preview
File PDF
COVER LUAR.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
COVER DALAM.pdf

Download (27Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRACT.pdf

Download (72Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
ABSTRAK.pdf

Download (9Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (148Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (139Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERNYATAAN.pdf

Download (112Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
MOTO.pdf

Download (77Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (21Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
PERSEMBAHAN.pdf

Download (30Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
SANWACANA.pdf

Download (142Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR TABEL.pdf

Download (88Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (84Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR ISI.pdf

Download (101Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB I.pdf

Download (195Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB II .pdf

Download (215Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
BAB III.pdf

Download (875Kb) | Preview
[img] File PDF
BAB IV.pdf
Restricted to Hanya pengguna terdaftar

Download (1260Kb)
[img]
Preview
File PDF
BAB V.pdf

Download (89Kb) | Preview
[img]
Preview
File PDF
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94Kb) | Preview

Abstrak (Berisi Bastraknya saja, Judul dan Nama Tidak Boleh di Masukan)

ABSTRAK Masalah pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dan belum digunakannya media pembelajaran berbasis komputer dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan rata-rata nilai pretes siswa sebelum diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanghari, (2) perbedaan rata-rata hasil belajar (postes) siswa setelah diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanghari, (3) perbedaan rata-rata peningkatan gain hasil belajar siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanghari. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah true-experimental designs. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Batanghari. Penentuan subjek penelitian dilakukan secara acak sehingga terpilih kelas VII.e yang akan diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan kelas VII.f yang akan diajar menggunakan media pembelajaran presentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar geografi pada materi keragaman bentuk muka bumi, proses pembentukan, dan dampaknya terhadap kehidupan. Perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah data penelitian adalah Program SPSS Versi 20.0 For Windows. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) pada pretes pertama terdapat perbedaan rata-rata nilai pretes antara siswa pada kelas yang akan diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan siswa pada kelas yang akan diajar menggunakan media presentasi, sedangkan pada pretes kedua tidak terdapat perbedaan rata-rata pretes siswa pada kelas yang akan diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan siswa pada kelas yang akan diajar menggunakan media presentasi, (2) terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar (postes) siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi baik pada postes pertama dan postes kedua. (3) terdapat perbedaan rata-rata peningkatan gain hasil belajar siswa yang diajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif dan media presentasi pada tes pertama dan tes kedua. Kata kunci : hasil belajar, multimedia pembelajaran interaktif, media pembelajaran presentasi. The focus of this research were on the investigation of the low achievement of the students and the lack off computer-based teaching media utilization in teaching and learning processes. This study aims to: (1) investigate the difference of students’ pre-tests means before being taught by using interactive-teaching multimedia and presentation media at the seventh-grade students of SMP Negeri 1 Batanghari, (2) investigate the difference of students’ post-tests means after being taught by using interactive-teaching multimedia and presentation media at the seventh-grade students of SMP Negeri 1 Batanghari, (3) investigate the difference of means of gain-increase on students’ achievement who were taught by using interactive-teaching multimedia and those taught by presentation media at the seventh-grade students of SMP Negeri 1 Batanghari. The method employed in this research was true-experimental designs. The subjects were the seventh-grade students of SMP Negeri 1 Batanghari determined by using random-sampling method. The researcher got class VII.e as the subject to be taught by interactive-teaching multimedia, while class VII.f taught by presentation-teaching media. The researcher administered the Geography achievement on the lesson of The variety of earth-surfaces, its forming processes, and the Impact on life as the instrument. The data were then computed by using SPSS Program Ver. 20.0 for Windows. The results showed that: (1) there was difference of means of pre-test between students who would be taught by using interactive-teaching media and those by using presentation media at the first pre-test, but there was no difference at the second pre-test for the same subjects, (2) there was difference of means at both first and second pos-test between students who were taught by using interactive-teaching media and those taught by presentation media, (3) there was difference of means of gain-increase on students’ achievement who were taught by using interactive-teaching multimedia and those taught by presentation media at the seventh-grade students of SMP Negeri 1 Batanghari. Keywords: achievement, interactive-teaching media, presentation-teaching media.

Jenis Karya Akhir: Skripsi
Subyek: > G Geography (General)
> LB Theory and practice of education
Program Studi: FKIP > Prodi Pendidikan Geografi IPS
Pengguna Deposit: 0439096 . Digilib
Date Deposited: 30 Apr 2015 07:33
Terakhir diubah: 30 Apr 2015 07:33
URI: http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/9457

Actions (login required)

Lihat Karya Akhir Lihat Karya Akhir